Kamis, 23 Mei 2024 WIB

Kampung Nusantara Aek Kanopan Timur Dipadati Pengunjung

Redaksi - Minggu, 08 Januari 2023 20:44 WIB
2.276 view
Kampung Nusantara Aek Kanopan Timur Dipadati Pengunjung
Foto SIB/Leo Turnip
PENGUNJUNG: Ratusan pengunjung Kampung Nusantara Aek Kanopan Timur nikmati Pasar Kuliner dan Budaya Kesenian. Foto dipetik Minggu, (8/1/2023).
Aek Kanopan (harianSIB.com)

Ratusan warga ramaikan pasar kuliner dan budaya kesenian Kampung Nusantara yang berlokasi di Kelurahan Aek Kanopan Timur, Kecamatan Kualuh Hulu, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), Minggu (8/1/2023).

Pantauan wartawan SIB, warga memadati pasar kuliner menikmati makanan khas nusantara dan menyaksikan Bordah yang merupakan musik kesenian daerah Kualuh.

Tiap pengunjung Kampung Nusantara yang hendak membeli jajanan, harus menukarkan uang Rupiah dengan koin Nusa di pintu sekretariat penukaran koin.

Desi (24) yang merupakan salah satu petugas kasir menjelaskan, tiap hari sebanyak 12 ribu koin Nusa akan ditukarkan bagi para pengunjung. Satu koin Nusa setara 2 ribu Rupiah.

Salah satu pengunjung, Erni Napitupulu warga Wonosari lingkungan 2, mengaku sangat menikmati kuliner nusantara dan mendukung Kampung Nusantara sebagai destinasi wisata lokal yang dapat mendukung program usaha mikro kecil menengah (UMKM) masyarakat.

"Saya sangat mendukung kampung nusantara ini, karena programnya bisa membantu dan meningkatkan pendapatan para UMKM," ucap Erni.[br]




Ketua Pengelola Kampung Nusantara, Ibrahmi Nur menjelaskan, pasar kuliner nusantara hanya buka di hari Minggu dari pukul 09.00 WIB hingga 18.00 WIB dan sudah berjalan selama 9 minggu. Warga yang berkunjung merupakan warga sekitar Labura bahkan ada dari luar kota seperti Tanjung Balai hingga Bagan Batu.

"Kami sangat berupaya memberikan yang terbaik bagi warga yang datang, karena pengunjung yang datang juga banyak dari luar kota ," ucap Ibrahim.

Ibrahim mengajak para UMKM bergabung dan berharap seniman budaya Labura untuk memberikan pertunjukkan di Kampung Nusantara, karena ini menjadi momentum mengenalkan budaya dan kuliner bagi para pengunjung yang rata-rata tiap minggu datang sekitar 500 orang.

"Kami mengajak 44 UMKM untuk kerjasama dan juga menjadi berharap Kampung Nusantara bisa menjadi panggung para pelaku seni budaya di Labura, karena pengujung yang datang kemari ada sekitar 500 orang," jelasnya. (EL)





Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Pilkada Labura 2024 Tanpa Peserta dari Jalur Perseorangan
Na IX-X Juara Umum MTQ Tingkat Labura 2024
Bawa Sabu, 2 Warga Asahan Ditangkap di Labura
Polsek Marbau Tangkap Penyalahguna Narkoba
Hardiknas, Guru di Sekolah Terpencil di Labura Terima Penghargaan
Dua Pelajar SMA asal Londut Labura Juara Pemilihan Putra Putri Kebudayaan Sumut 2024
komentar
beritaTerbaru