Kantin Sehat Representatif Dibangun di Area Kantor Dinkes Sumut


151 view
Kantin Sehat Representatif Dibangun di Area Kantor Dinkes Sumut
Foto : Istimewa
DINKES SUMUT: Kafetaria seperti di Kantor Gubernur Sumut akan dibangun juga di Kantor Dinkes Sumut.

Medan (SIB)

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) segera membangun kantin representatif. Pembangunan kantin ini diharapkan selesai di tahun ini juga.

Kadis Kesehatan Sumut, drg Ismail Lubis MM mengatakan kantin representatif ini tidak hanya dibangun dua outlet saja, melainkan enam outlet dan ber-AC. Ini dilakukan Kadis agar kantin nyaman dan sehat.

"Di atas nanti akan dibuat untuk tempat olahraga dan rooftop. Untuk pengelolaannya, kita serahkan ke ibu-ibu Dharma Wanita," kata Ismail kepada SIB, Selasa (30/8).

Pembangunan kantin sehat representatif ini, kata Ismail, dilakukan karena Dinas Kesehatan Sumut menginginkan kantin yang lebih baik dan menjamin siapa-siapa saja yang ingin berbelanja atau yang ingin berolaharga di sana. "Kantin ini sudah dimulai dan ini kita lakukan agar UMKM itu maju," sebutnya.

Menurutnya, ide kantin sehat representatif ini berawal pada Jumat saat ada Dharma Wanita membina UMKM. "Jadi ibu-ibu Dharma Wanita itu membawa makanan UMKM tetangga binaan mereka. Itulah dijual di situ," terangnya.

Di sisi lain, Ismail mengaku pembangunan kantin ini dilakukannya mengadopsi langkah Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang membangun kantin (kafetaria) di Kantor Gubernur Jalan Pangeran Diponegoro, Nomor 30 Medan.

Kafetaria tersebut diisi oleh para pedagang kaki lima (PKL) yang sebelumnya menjual di pinggir jalan, sebelah Kantor Gubernur.

"Kayak yang dibuat pak gubernur itu, yang di bawah itu, itulah maksud saya. Selama ini kan tidak representatif kantin itu padahal sudah berganti-ganti Kepala Dinas. Untuk pembangunannya diupayakan tahun ini selesai," ujarnya.

Sementara terkait, joglo dijadikan kafe yang dikabarkan salah satu media di Medan yang katanya telah menimbulkan pergunjingan, Ismail mengaku sekarang ini siapa saja boleh berjualan di kantor, karena yang jualan di kantin saja saat ini juga adalah keluarga Dinkes, istri pegawai.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com