Kantor Organisasi Boru Toba Marsada Diresmikan


155 view
(Foto SIB/Eduwart MT Sinaga)
Ketua BOTOMA Kabupaten Toba  Rosanna Napitupulu bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Toba Marlina Sitinjak dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Riba Erna Sihotang melakukan penguntingan pita sebagai bentuk peresmian kantor BOTOMA, Sabtu (10/4). 
Toba (SIB)

Kantor organisasi Boru Toba Marsada (Botoma) Kabupaten Toba di Balige diresmikan, Sabtu (10/4).
Diharapkan antara Pemerintah Kabupaten Toba, Tim Penggerak PKK dan Botoma Kabupaten Toba bisa bersinergi dalam upaya mengurangi kekerasaan dalam rumah tangga (KDRT) serta tindak pelecehan seksual kepada anak.

"Organisasi Botoma bersama PKK mulai tingkat dusun, desa, kecamatan hingga kabupaten bisa bersinergi dalam upaya mengatasi terjadinya masalah- masalah kekerasaan dalam keluarga dan pelecehan seksual anak, " harap Wakil Bupati Toba, Tonny Simanjuntak bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Toba Marlina Sitinjak di peresmian Kantor Botoma di Balige, Kabupaten Toba, Sabtu (10/4).

Peresmian kantor Botoma Kabupaten Toba yang baru terbentuk pada Nopember 2020 yang lalu ini, dirangkai juga dengan seminar yang menghadirkan pembicara Komnas Perempuan dan Anak Verianto Sitohang, Kejari Toba Samosir diwakili Charles Hutabarat, Sarma Hutajulu pemerhati Perempuan dan Anak dan Bekman Panjaitan dari Polres Toba.

Ketua Umum Botoma Kabupaten Toba, Rosanna Napitupulu menyebut dengan peresmian kantor Botoma ini akan menjadi momentum awal yang baik bagi seluruh anggota Botoma secara khusus dan seluruh wanita boru batak di Toba secara umum untuk mengembangkan cakrawala berpikir dengan cara berkumpul, bersekutu dan berdiskusi serta sharing pengalaman - pengalaman.

"Botoma bercita - cita membebaskan kaum wanita dan anak - anak dari keterbelakangan dan ketertindasan secara khusus terhadap kekerasan dan pelecehan seksual, " tegas Rosanna.

Ketua Botoma prihatin atas kondisi kekerasan dan pelecehan seksual yang terjadi di wilayah Toba akhir - akhir ini. “Kami dari Botoma akan melakukan pendampingan hukum kepada korban, " terangnya.

Dengan diresmikannya kantor Botoma, lanjutnya, cita - cita Botoma dapat terlaksana karena kantor ini menjadi wadah dan rumah bagi anggota Botoma untuk berkumpul,berbagi dan saling membangun di antara boru Toba, pungkasnya. (G1/c)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com