Kapal Nelayan Pukat Apung Terbakar di Laut Asahan, ABK Selamat


75 view
Foto SIB/Lanal TBA
TERBAKAR : Kapal nelayan pukat apung terbakar dan tenggelam di tengah laut, Rabu (7/4) petang.
Tanjungbalai (SIB)
Satu unit kapal nelayan jenis pukat apung terbakar di tengah laut, Rabu (7/4) petang, belasan ABK berhasil selamat.

Terbakarnya kapal pukat apung dibenarkan Komandan Pangkalan TNI AL Tanjungbalai Asahan (Danlanal TBA) Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory kepada SIB, Rabu malam.

Robinson mengatakan, setelah menerima informasi adanya kapal nelayan terbakar di laut, dirinya memerintahkan jajarannya menuju lokasi kejadian. "Saya sudah perintahkan anggota ke lokasi kebakaran. Lokasinya di perairan Tanjungapi, Asahan dengan koordinat 2.58 026 T-100 00 64 E,"ujar Robinson.

Kapal pukat apung KM Hasil Jaya yang dinakhodai Sarjuk itu membawa 13 orang nelayan. Sebelum terbakar, KM Hasil Jaya lepas tambatan di Seinangka, Asahan, Rabu pagi. Setelah berjalan beberapa jam tepatnya di perairan Tanjungapi, kapal terbakar dan mengeluarkan asap hitam tebal.

Informasi yang dihimpun SIB, api berasal dari buritan kapal dengan cepat menyebar ke seluruh bagian badan kapal. Nakhoda dan ABK kapal yang tak mampu memadamkan api, berusaha menyelamatkan diri dengan melompat ke laut.

"Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran itu, nakhoda dan 13 ABK kapal berhasil selamat. Sementara kapal hangus terbakar dan tenggelam ke dasar laut. Pemiliknya bernama Yakub,"ujar Robinson.

Terkait penyebab kebakaran, Robinson mengungkapkan sesuai keterangan ABK kapal, diduga api berasal dari knalpot kapal yang berada di buritan. Api memercik dan menyambar bahan bakar minyak kapal yang berada dekat dengan knalpot.

Lalu api dengan cepat membakar mesin kapal dan api seketika membesar. Saat itulah ABK berusaha menyelamatkan diri dengan melompat ke laut,"terang Robinson menambahkan seluruh ABK telah dievakuasi menuju Pos Lanal Bagan Asahan.(E9/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib.com edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com