Polda Sumut Terima Audiensi KPPAI

Kapolda : Kita Komitmen Tuntaskan Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak


144 view
Kapolda : Kita Komitmen Tuntaskan Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak
(Foto Dok/Polda Sumut)
FOTO BERSAMA : Kapolda Sumut Irjen Panca yang didampingi Wakapolda Sumut Brigjen Dr Dadang Hartanto serta pejabat utama Polda Sumut foto bersama Komnas Perlindungan Perempuan dan Anak Indonesia di Loby Ady Pradana Mapolda Sumut, Jumat (9/9). 

Medan (SIB)

Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak didampingi Wakapolda Sumut, Brigjen Dr Dadang Hartanto serta pejabat utama menerima audiensi Komnas Perlindungan Perempuan dan Anak Indonesia (KPPAI) di Loby Ady Pradana Mapolda Sumut, Jumat (9/9).


Kegiatan tersebut turut dihadiri Wakil Ketua Komnas Perempuan Olivia Salampessy, Komisioner Komnas PerempuanVerianto Sitohang, Komisioner Komnas Perempuan Rainy Hutabarat,. Koordinator Pemantauan Komnas Perempuan, Indah serta asisten Koordinator Fadillah.


Audiensi tersebut sebagai bentuk silaturahmi dan bentuk koordinasi dengan Polda Sumut terkait maraknya kasus kekerasan terhadap perempuan di wilayah hukum Polda Sumut.


Panca mengatakan bahwa kekerasan terhadap perempuan di Provinsi Sumut dapat dikatakan cukup tinggi. Tapi berdasarkan data yang ada bahwa setiap tahunnya jumlah kekerasan tersebut menunjukkan penurunan.


"Kasus pelecehan seksual dan pemerkosaan menjadi perhatian serius bagi kita bersama. Kita harus berkomitmen melindungi perempuan dan anak dari perbuatan tersebut salah satu caranya dengan berpikir progresif," kata Panca.


Disamping itu, Polda Sumut juga melakukan sosialisasi baik pada tingkat Polda maupun Polres jajaran terkait Undang-undang No. 12 Tahun 2022.


Sekaligus menyiapkan dan melatih penyidik yg berkualifikasi pada bidang Tindak Pidana kekerasan seksual serta dalam penggunaan Undang-undang No. 12 Tahun 2022 tersebut.


"Polda Sumut terus berupaya untuk meningkatkan kemampuan unit PPA, salah satunya dengan menempatkan Pejabat Kanit PPA seorang polwan. Serta penanganan kasus PPA akan ditangani oleh Polres bukan Polsek, guna percepatan penanganan serta memberikan sarana yang lebih lengkap," sebutnya.


"Diharapkan kepada Komnas Perlindungan Perempuan untuk memberikan masukan serta dukungan kepada Polda Sumut agar dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Percayalah bawa Polda Sumut akan bekerja secara profesional melakukan pengungkapan dan menuntaskan perkara tersebut," tegas Panca. (TM/f)




Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com