Kapolda SU Minta Organisasi Etnis Nasionalisme Jadi Motor Sukses Vaksinasi


119 view
Kapolda SU Minta Organisasi Etnis Nasionalisme Jadi Motor Sukses Vaksinasi
Foto: DPP KIB
KAPOLDA SU- KIB : Kapolda SU Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak (tengah) diapit Ketum KIB Capt Tagor Aruan dan Ketua KIB SU Tridarma Sipayung, Senin (6/9) di Mapolda SU bersama Jhon Tulus Riadi Sitompul dan Eddin Sihaloho, Ketua Badan Bantuan Hukum KIB Jonni Silitonga SH MH, unsur perempuan Nurita Sitio dan seniman Eddy Simanjuntak.
Medan (SIB)
Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Utara (SU) Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak meminta organisasi etnis tetap memegang teguh nasionalisme keindonesiaan. Dalam konteks kehidupan di masa pandemi, organisasi tersebut dimungkinkan menjadi motor sukses vaksinasi dalam mencapai herd immunity masyarakat.

Penegasan tersebut disampaikan jenderal polisi bintang dua itu ketika menerima audiensi kepengurusan Komite Independen Batak (KIB), Senin (6/9) di Mapolda SU, yang dipimpin Ketua Umum (Ketum) Capt Tagor Aruan bersama Sekjen Jhon Tulus Riadi Sitompul dan Bendahara Eddin Sihaloho serta pengurus provinsi dan kabupaten kota di SU. Di antaranya Ketua KIB SU Tridarma Sipayung dan Sekretaris Maruba Simamora, Ketua Badan Bantuan Hukum KIB Jonni Silitonga SH MH, unsur perempuan Nurita Sitio dan dari seniman Eddy Simanjuntak. Ikut serta sejumlah pengurus Ulubalang KIB yakni pemuda KIB yang punya tugas memupuk kekompakan Bangso Batak dari sisi kepemudaan.

Kapolda SU menegaskan, sesuai arahan Presiden, vaksinasi ditargetkan mencapai titik terbaik hingga September. Untuk mencapainya, semua komponen warga di SU diharap berpartisipasi dan organisasi etnik yang memiliki kedekatan emosional lebih dengan warga di kampung halaman, diharapkan berperan.

Ia menggarisbawahi agar KIB di kabupaten kota di SU berkoordinasi dengan Kapolres di wilayah masing-masing dalam progam vaksinasi.

Di kesempatan itu, Capt Tagor Aruan menjelaskan cikal-bakal KIB dideklarasikan di Tanah Air. Meski sifatnya etnik tapi tetap mengedepankan nasionalisme seperti yang dicontohkan Raja Sisingamangaraja yang berjuang di wilayah Tapanuli tapi untuk Indonesia. “KIB ingin menjadikan Bangso Batak sebagai bagian integral NKRI yang sudah final. KIB bertanggung jawab dalam upaya pelestarian warisan leluhur Bangso Batak,” tegas pria yang menghabiskan sebagian usianya di industri kebahariaan global tersebut.

Mengenai harapan Kapolda SU tentang vaksinasi, lanjutnya, menjadi satu keharusan karena KIB pun sangat ingin pandemi segera berakhir di Tanah Air. Tentang mitra utuk menciptakan Kamtibmas, KIB sangat seide yang dibuktikan bahwa KIB memiliki bagian integral yang dinamai Ulubalang. Kreasi kekinian pun menjadi bagian aktivitas Ulubalang KIB termasuk dalam penyaluran seni. Seperti Sopo Ulubalang KIB Napitupulu.

Capt Tagor Aruan ikut mengenalkan pasukan Ulubalang KIB. (Rel/R10/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com