Tinjau Vaksinasi Massal Buruh di Tanjungmorawa Deliserdang

Kapolda Sumut Bersama Pangdam I/BB Ingatkan Masyarakat Tetap Patuhi Prokes Meski Sudah Divaksin


153 view
Foto.SIB/Lisbon Situmorang
TINJAU VAKSINASI : Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak (kanan) bersama Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Hassanudin (tengah) dan Wakil Bupati Deliserdang HMA Yusuf Siregar (kiri), menyampaikan arahan saat meninjau vaksinasi massal terhadap buruh, Jumat (30/4) di Tanjungmorawa.
Tanjungmorawa (SIB)
Kapolda Sumut Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak bersama Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Hassanudin SIP MM, mengingatkan agar masyarakat tetap mematuhi anjuran Pemerintah untuk menjalankan prokes (protokol kesehatan) yaitu dengan tetap memakai masker, menjaga jarak dan sering mencuci tangan, sekalipun sudah divaksin.

Imbauan itu disampaikan Kapolda Sumut ketika meninjau vaksinasi massal kepada ratusan buruh di Deliserdang. Rombongan Kapolda disambut Kapolresta Deliserdang Kombes Pol Yemi Mandagi SIK, Wakil Bupati Deliserdang HMA Yusuf Siregar dan Waka Polresta AKBP Julianto P Sirait, Jumat (30/4) di Pusat Pengembangan Produk Usaha Daerah (P3UD) di Tanjungmorawa.

Kapolda Sumut mengatakan meskipun sudah divaksin, tidak menutup kemungkinan orang yang sudah divaksin menjadi penyebar Covid-19. Vaksinasi akan tetap dilanjutkan hingga seluruh masyarakat Indonesia divaksin, guna memutus dan menekan penyebaran Covid-19 di lingkungan masing-masing.

Menindaklanjuti dan mengantisipasi Lebaran dengan tantangan pandemi Covid-19, Pemerintah menghimbau dan meminta dengan surat edaran untuk taat menjaga diri dengan tidak melaksanakan mudik. Perayaan Idul Fitri 1442-H dirayakan dengan kesederhanaan sama dengan tahun lalu.

Guna memastikan masyarakat yang tidak melaksanakan mudik, sudah disiapkan rencana program Operasi Ketupat Toba Tahun 2021 dilaksanakan 6-17 Mei 2021, dengan melakukan penyekatan secara ketat di semua titik baik di daerah antar provinsi maupun di kabupaten dan kota.

Kalaupun ada masyarakat yang melakukan perjalanan harus mematuhi ketentuan yang ada yaitu membawa surat keterangan bebas Covid-19, melaksanakan test swab 1x24 jam. Terkait wisata liburan Idul Fitri sudah dibuat peraturan dan aturannya yaitu salah satunya tetap membatasi jumlah pengunjung baik wisata lokal maupun rumah makan tidak boleh kapasitas pengunjung hingga 100 persen.

Panglima Kodam I/BB Mayjen TNI Hassanudin menambahkan bahwa TNI-Polri dan Pemda tetap bersinergi melaksanakan tugas saat ini menekan dan memutus penyebaran Covid-19. “Kuncinya tetap disiplin melaksanakannya,” jelasnya. Kepada media tetap membantu mengedukasi masyarakat dengan berita yang benar. Manakala ada berita yang kurang baik segera dinetralisir, kata Pangdam.

Vaksinator kepada ratusan buruh melibatkan tenaga medis dari Dinas Kesehatan Deliserdang, Dokkes Polda Sumut, Kesdam I/BB dan Urkes Polresta Deliserdang. Pantauan SIB, buruh yang sudah divaksin sudah mencapai sekira 450 orang dengan target sekira 530 orang. (C1/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com