Selasa, 23 Juli 2024

Kapolda Sumut dan Bupati Karo Cek Pipa PDAM Tirta Malem Diduga Dirusak OTK di Siosar

Redaksi - Rabu, 26 April 2023 21:32 WIB
1.049 view
Kapolda Sumut dan Bupati Karo Cek Pipa PDAM Tirta Malem Diduga Dirusak OTK di Siosar
Foto: Dok/MS
TINJAU: Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak bersama Bupati Karo Cory Sebayang dan Kasatpol PP Karo Gelora Fajar Purba meninjau pipa transmisi PDAM Tirta Malem yang diduga dirusak OTK, di kawasan Siosar, Rabu (26/4/2023).
Karo (harianSIB.com)
Kapolda Sumatera Utara, Irjen (Pol) Panca Putra Simanjuntak bersama Bupati Karo Cory Sriwati Sebayang dan Kapolres Karo AKBP Ronny Sidabutar, Rabu (26/4/2023), meninjau pipa transmisi air menuju Kota Kabanjahe yang diduga dirusak orang tak dikenal (OTK).

Pipa tersebut merupakan saluran transmisi air dari kawasan Siosar menuju Kota Kabanjahe, yang menjadi sumber air untuk 3.800 pelanggan.

Terlihat Kapolda Sumut berjalan kaki sambil menggunakan tongkat kayu menuju lokasi pipa yang diduga dirusak OTK tersebut.

Menurut Dirut PDAM Tirta Malem, Jusup Sukatendel, kepada wartawan, sumber air yang dialirkan pada pipa tersebut berasal dari mata air Lau Bengap Siosar.

"Pipa dengan diameter 16 HDPE di kawasan Siosar diduga dirusak OTK dengan cara dibakar. Akibatnya, pelanggan air PDAM Tirta Malem di Kabanjahe mengalami kekeringan," katanya.

Kerusakan pipa tersebut menyebabkan aliran air ke Kabanjahe putus total. Pipa diduga dibakar, sehingga pipa bolong. Akibatnya, pasokan air bersih kepada pelanggan tersendat.


Jusup mengatakan, kerusakan pipa tersebut diketahui sehari sebelum Idul Fitri. Namun, Selasa (25/4), baru diketahui titik aktual rusaknya pipa.

Ia menyebut, pasokan air akan kembali lancar secepatnya, karena pihaknya telah menghubungi PDAM Tirtanadi Medan untuk membantu memperbaiki pipa tersebut.

"Kami mohon maaf kepada pelanggan atas tersendatnya pasokan air bersih akibat pipa dijebol oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Kami juga mengucapkan terima kasih atas atensi Kapolda Sumut," ujarnya.
Sementara itu, Kapolda menyarankan PDAM Tirta Malem dibantu Polres Karo segera memperbaiki pipa tersebut.

"Besok sore diharapkan air sudah mengalir seperti biasanya," kata Kapolda.(*)


Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Wakapolda Sebut E- Samapta Langkah Maju Menuju Era Digitalisasi Pelayanan Publik
Pendidikan 353 Siswa Diktuk Brigadir Polri Gel. II TA. 2024 Dibuka
PN Medan Terima Permohonan Praperadilan mantan Bupati Batubara Zahir
Kapolda Sumut Resmikan Patung Jenderal Hoegeng di Polrestabes Medan
Ikut Langsung Bagikan Leaflet PON, Pj Gubernur Agus Fatoni ajak Masyarakat Sukseskan PON
Besok, Polda Sumut Rekonstruksi Kasus Pembakaran Rumah Wartawan di Karo
komentar
beritaTerbaru