Kapolres Humbahas Resmikan Desa Parsingguran II Sebagai Kampung Tangguh


145 view
Foto Dok/Humas Polres Humbahas
FOTO BERSAMA : Kapolres Humbahas AKBP Ronny Nicolas Sidabutar (tengah) foto bersama aparat desa usai meresmikan Desa Parsingguran II, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbahas sebagai kampung tangguh, Rabu (24/2).
Humbahas (SIB)
Kapolres Humbanghasundutan, (Humbahas) AKBP Ronny Nicolas Sidabutar meresmikan Desa Parsingguran II, Kecamatan Pollung sebagai Kampung Tangguh, Rabu (24/2).

Peresmian desa tangguh itu merupakan program prioritas Kapolri dalam pemantapan dukungan Polri dalam hal penanganan Covid-19, yang bertujuan sebagai media penggerak masyarakat untuk penanganan Covid-19 dan kejahatan lainnya seperti narkoba dan radikalisme.

"Aparatur kepala desa, Babinsa dan Bhabinkamtimas memegang peranan penting dalam penanggulangan Covid-19," kata Ronny dalam sambutannya.

Lebih lanjut Ronny menjelaskan, tujuan lain dari peresmian kampung tangguh itu adalah untuk meningkatkan ketahanan pangan bagi masyarakat Desa Parsingguran II dengan menerapkan konsep "urban farming" di lahan terbatas berupa bercocok tanam sayuran hingga ternak. Kata dia, direncanakan akan ada 26 kampung tangguh yang akan dibangun di daerah itu.

"Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada masyarakat Desa Parsingguran II yang mendukung terbentuknya kampung tangguh sebagai partisipasi masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran dan pencegahan Covid-19, serta menjadi solusi di berbagai bidang ekonomi, sosial dan keamanan. Sehingga menjadi nilai dan semangat gotong royong," ucapnya.

Mantan Kasat Narkoba Polrestabes Medan itu menambahkan, di kampung tangguh itu nantinya masyarakat akan mendapatkan pendidikan tentang bahaya radikalisme dan pentingnya toleransi keberagaman di masyarakat.

"Kami menerapkan konsep problem oriented policing. Jadi Bhabinkamtibmas dibantu Babinsa juga mengajarkan cara menyelesaikan masalah yang berorientasi seperti sistem dalam kepolisian," ungkap Ronny.

Pada kesempatan itu, Ronny meminta agar petugas Puskesmas dan Dinas Kesehatan aktif melakukan 3 T (testing, tracing dan treatment) serta tetap melaksanakan protokol kesehatan secara ketat. (BR8/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com