Kapolres Pematang Siantar Gelar FGD akan Bahaya Narkoba ke Pelajar SMA


344 view
Kapolres Pematang Siantar Gelar FGD akan Bahaya Narkoba ke Pelajar SMA
(Foto: Dok/Humas Polres Pematang Siantar)
FOTO BERSAMA: Kapolres Pematang Siantar AKBP Yogen Heroes Baruno, foto bersama usai melaksanakan kegiatan FGD bertempat di Aula Menza SMA Nommensen Jalan Sangnaualuh, Kelurahan Siopat Suhu, Kecamatan Siantar Timur, Senin (18/12/2023). 
Pematang Siantar (harianSIB.com)
Kapolres Pematang Siantar AKBP Yogen Heroes Baruno, melaksanakan kegiatan Forum Grup Discussion (FGD) bertempat di Aula Menza SMA Nommensen Jalan Sangnaualuh, Kelurahan Siopat Suhu, Kecamatan Siantar Timur, Senin (18/12/2023).
Dalam kesempatan itu, Yogen mengutarakan akan bahaya narkoba, kekerasan terhadap anak dan bullying yang terjadi saat ini di tengah masyarakat. Dimana narkoba adalah kejahatan luar biasa atau extra ordinary crime." Kita harus menghindari narkoba kalau kita mau punya masa depan yang bagus, karir yang bagus," katanya.
Dijelaskan dia, masalah narkoba sudah menjadi kejahatan internasional yang melibatkan antar negara. Kejahatan narkoba juga dapat menimbulkan kejahatan lainnya. Tentunya perlu pandangan yang sama, bahwa pengguna narkoba adalah korban, mereka tidak harusnya dihukum tapi seharusnya di rehabilitasi.
"Mereka sebenarnya adalah seorang yang memiliki penyakit yang harus diobati, sehingga tidak kembali lagi ke perilaku sebelumnya yaitu kecanduan narkoba. Percuma saja kita tangkapi dan berantas namun pengguna-pengguna tidak kita obati, sehingga ujung-ujungnya mereka akan terus mencari dan membeli. Ini menjadi tanggung-jawab bersama dan mereka harus dibantu rehabilitasi dan tidak akan dihukum," terangnya.
Sambung Yogen, soal kekerasan terhadap anak saat ini mencuat baik dilakukan oleh orangtuanya sendiri atau saudaranya, tetangganya. "Kasus-kasus terhadap anak harus mampu diselesaikan sehingga memberi kepastian hukum terhadap kasus tersebut," tukasnya.
Tidak lupa orang nomor satu di Polres Pematang Siantar itu mengingatkan, siswa agar tidak terlibat saling bullying yang mungkin diawali dengan bercanda dengan kata-kata sebelum melakukannya dengan perbuatan, tapi berdampak pada kematian merugikan diri dan keluarga.
Turut hadir dalam kegiatan itu, Kasat Binmas AKP Jahrona Sinaga, Kepala BNN Kota Siantar Tuangkus Harianja, Ketua Epic Consulting Ruth Maya Tamba, Kepala SMA Nomensen Paianhot Sitanggang, Kapolsek Siantar Timur IPTU Jon H Purba dan Kanit IV Satreskrim IPDA Suhaira Marbun. (*)

Penulis
: Andomaraja Sitio
Editor
: Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com