Kapolres Sergai Ajak Insan Pers Jadi Garda Terdepan Lawan Covid-19


126 view
Kapolres Sergai Ajak Insan Pers Jadi Garda Terdepan Lawan Covid-19
Foto: Dok/Humas Polres Sergai
SILATURAHMI: Kapolres Sergai, AKBP Robin Simatupang, didampingi Kasubbag Humas AKP Sopian, Ketua PWI Sergai Anwar Efendi Siregar dan Kbo Sat Intelkam Iptu T Sihombing bersilaturahmi dengan awak media, Selasa (27/7/2021) sore.
Sergai (harianSIB.com)

Kapolres Serdangbedagai (Sergai), AKBP Robin Simatupang mengajak insan pers menjadi garda terdepan memberikan sosialisasi dan edukasi terkait Covid-19 kepada masyarakat melalui pemberitaan.

"Pers adalah mitra Polri. Rekan-rekan media harus perhatikan kondisi situasi Covid-19 yang semakin memprihatinkan. Bantu Polri untuk menekan penularan Covid-19 dengan memberikan edukasi kepada masyarakat melalui pemberitaan", ujar AKBP Robin Simatupang saat melakukan silaturahmi dengan awak media yang bertugas di unit Polres Sergai, Selasa (27/7/2021) sore, di RM Pondok Senangkong Seirampah.

Dia juga mengajak awak media untuk mendukung program pemerintah melalui pemberitaan di media masing-masing.

"Silahkan konfirmasi berita kepada Kasubbag Humas. Jadilah mitra yang baik demi terbangunnya harmonisasi, sinergitas sehingga tercapai dan terbangun narasi dan literasi berita yang baik," katanya.

Sementara itu Ketua PWI Sergai, Anwar Efendi Siregar menyambut baik kerja sama yang baik antara Polres dan media.

"Jadikan wadah yang dapat membangun sinergitas dan sistem pengolahan data dan pemberitaan. Dukung program Polres Sergai untuk menjaga Kamtibmas," ujar Anwar Efendi Siregar.

Terpisah, Kasubbag Humas Polres Sergai, AKP Sopian saat ditemui harianSIB.com, Rabu (28/7/2021), mengatakan silaturahmi itu menindaklanjuti comander wish Kapolda Sumut, yaitu menjadikan media sebagai mitra strategis.

Media adalah mitra Polres yang produktif dalam pemberitaan agar memeroleh sumber yang benar dari Kapolres, Kasat, Kasi Humas, agar berita obyektif dan tidak liar, sehingga tidak membangun opini publik yang negatif terhadap Polri.

"Bagaimana membangun narasi berita di media yang dapat menciptakan situasi yang kondusif, aman dan nyaman, tidak propokatif disuasana pandemi saat ini", katanya.

Sopian menyebut, Polres Sergai terbuka dalam sistem penyampaian berita dan berkopetensi. Harmonisasi yang saling berproduksi. Sistem pemberitaan harus mengarah kepada sistem membangun media dengan segala aspek pemberitaan yang update. Membangun sistem pemberitaan yang berjenjang yang dapat dijadikan pemberitaan hingga ke tingkat Polda dan Mabes dan menjadi berita nusantara.

"Mari kita bangun harmonisasi kinerja yang maksimal dalam sistem pemberitaan. Setiap pemberitaan diharuskan adanya konfirmasi dengan Kapolres/Humas," tandasnya. (*)

Penulis
: Rimpun H Sihombing
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com