Kapolres Simalungun Geser 327 Personel untuk Pengamanan 3.052 TPS Pemilu 2024


177 view
Kapolres Simalungun Geser 327 Personel untuk Pengamanan 3.052 TPS Pemilu 2024
(Foto : Dok/Humas Polres Simalungun)
PIMPIN : Kapolres Simalungun AKBP Choky Sentosa Meliala memimpin apel pergeseran pasukan pengamanan TPS, Minggu (11/2). Apel itu juga untuk memastikan kesiapan personel pengamanan Pemilu 2024. 
Simalungun (SIB)
Kapolres Simalungun AKBP Choky Sentosa Meliala memimpin apel pergeseran pasukan pengamanan TPS, Minggu (11/2). Apel itu untuk memastikan kesiapan terakhir personel dalam mengamankan Pemilu 2024.
"Apel ini untuk memastikan kesiapan terakhir seluruh personel dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama proses pemungutan suara. Sebanyak 327 personel pengamanan TPS dari Polres Simalungun hingga Polsek jajaran turut serta dalam kegiatan ini," kata Choky Meliala.
Di kegiatan apel itu Kapolres membacakan amanat Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi yang menekankan tanggung-jawab Polri untuk jaminan keamanan untuk Pemilu yang aman, damai dan sejuk.
Kapolres juga menyampaikan bahwa personel Polres Simalungun yang diturunkan sebanyak 327 orang untuk tugas pengamanan 3.052 TPS di Kabupaten Simalungun.
“Polres Simalungun menurunkan 327 personel dan akan bersinergi bersama personel dari Kodim 0207/Simalungun. Personel harus memahami tugas dan tanggung jawab serta mengikuti protokol pengamanan, termasuk larangan membawa senjata api kecuali bagi personel khusus yang diizinkan,” katanya.
Menurutnya, apel pergeseran pasukan itu bukan sekadar formalitas, tetapi sekaligus pengecekan terakhir kesiapan personel. “Kita harus memastikan bahwa tidak ada yang tertinggal dan semua personel sudah siap dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing," jelas Choky.
Kapolres menegaskan, seluruh personel itu juga sudah dibekali berbagai pelatihan dan simulasi pengamanan. Setiap personel juga dilengkapi peralatan pendukung, mulai dari alat komunikasi, pengamanan diri dan pemahaman terkait SOP pengamanan TPS.
Dia juga menekankan pentingnya koordinasi dan kerjasama antara Polres Simalungun dengan berbagai pihak, termasuk TNI, penyelenggara Pemilu dan unsur masyarakat.
"Kita tidak bekerja sendiri. Sinergitas antara Polri, TNI, penyelenggara Pemilu dan masyarakat adalah kunci utama dalam menciptakan Pemilu yang aman, damai dan demokratis. Tugas kita memastikan setiap warga negara memiliki kesempatan yang aman untuk menggunakan hak pilihnya tanpa ada rasa takut atau terintimidasi,” tegasnya.
Dengan persiapan yang telah dilakukan, AKBP Choky Sentosa Meliala mengajak seluruh elemen masyarakat Simalungun untuk bersama-sama mendukung dan menjaga kondusivitas wilayah sehingga Pemilu 2024 dapat berjalan dengan lancar, aman dan demokratis. (**)
Penulis
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com