Kapolres Taput Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Huta Toba 2021 dalam Rangka Pengamanan Pilkades Serentak


187 view
Kapolres Taput Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Huta Toba 2021 dalam Rangka Pengamanan Pilkades Serentak
(Foto: SIB/Bongsu Batara Sitompul)
Kapolres Taput AKBP Ronald Sipayung memeriksa kesiapan barisan pasukan dalam apel gelar pasukan Operasi Mantab Huta Toba 2021 untuk pengamanan Pilkades di 200 desa di Kabupaten Tapanuli Utara. 
Tapanuli Utara (SIB)
Kapolres Tapanuli Utara, AKBP Ronald Sipayung pimpin apel gelar pasukan Operasi Mantap Huta Toba 2021 dalam rangka pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kabupaten Tapanuli Utara yang digelar di Lapangan Terminal Madya Tarutung, Senin (22/11).

Sebanyak 944 personel Polri, personel TNI sebanyak 230 personel dan personel Satpol PP Taput sebanyak 179 personel diterjunkan untuk pengamanan Pilkades di 200 desa di Kabupaten Tapanuli Utara yang melaksanakan Pilkades serentak pada Selasa (23/11).

Dalam kegiatan apel gelar pasukan itu, turut hadir Asisten I Pemkab Taput Parsaoran Hutagalung, Ketua DPRD Taput Poltak Pakpahan, Kajari Taput M Suroyo SH, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Tapanuli Utara, Dony Simamora dan seluruh Camat se Kabupaten Tapanuli Utara, para Kapolsek dan Danramil se Kabupaten Tapanuli Utara.

Kapolres Tapanuli Utara, AKBP Ronald Sipayung dalam amanatnya menyampaikan, dari 944 personel Polri yang ditugaskan untuk pengamanan Pilkades di Taput meliputi, 90 personel dari Brimob Polda Sumut, 185 Bintara Remaja Polda Sumut, 104 personel dari Dit Samapta Polda Sumut, 5 personel dari Dit Reskrim Polda Sumut, 6 perwira pendamping dari Polda Sumut, 50 personel dari Polres Asahan, 20 personel dari Polres Sibolga, 30 personel dari Polres Sidimpuan, 30 personel dari Polres Tapsel, 30 personel dari Polres Simalungun, 30 personel dari Polres Tebing Tinggi, 50 personel dari Polresta Deli Serdang, 30 personel dari Polres Tapteng dan 284 personel dari Polres Taput.

"Apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kesiapan aparatur Pemerintah dan jajaran pengamanan baik dari unsur TNI, Polri, Satpol PP maupun perkuatan lainnya serta kesiapan perlengkapan sarana dan prasarana yang diperlukan dalam rangka pelaksanaan tugas pengamanan Pilkades serentak tahun 2021di Kabupaten Tapanuli Utara," jelasnya.

Kapolres mengatakan, meskipun telah dilakukan mapping tingkat kerawanan, namun situasi dapat berubah setiap saat. Oleh karena itu dibutuhkan kecermatan selaku petugas keamanan.

"Agar kegiatan pengamanan Pilkades mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif dan tidak underestimate terhadap situasi yang ada. Pahami, kuasai dan kerjakan dengan sungguh-sungguh apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab sesuai dengan SOP," tegasnya.

Kapolres menegaskan, personel pengamanan TPS harus dapat cepat beradaptasi dan kenali situasi lingkungan. Lakukan penggalangan terhadap seluruh potensi masyarakat agar ikut berperan menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif.

"Saya mengimbau, siapkan fisik dan mental yang prima serta jaga kekompakan antara sesama unsur pengamanan termasuk dengan penyelenggara Pilkades. Bertindaklah netral, jujur dan adil," jelasnya. (F4/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com