Karyawan PTPN III Kebun Bangun Tanami Kembali Lahan yang Digarap Futasi


320 view
Karyawan PTPN III Kebun Bangun Tanami Kembali Lahan yang Digarap Futasi
(f:ferry/mistar)
Ratusan karyawan PTPN III (Persero) melakukan penanaman tanaman kelapa sawit di atas areal HGU yang digarap kelompok Futasi (Forum Tani Sejahtera Indonesia) sejak tahun 2004, pada Senin (21/6).

Medan (SIB)

Ratusan karyawan PTPN III (Persero) melakukan penanaman tanaman kelapa sawit di atas areal HGU yang digarap kelompok Futasi (Forum Tani Sejahtera Indonesia) sejak tahun 2004, pada Senin (21/6).

Areal yang berlokasi di Afdeling IV Kebun Bangun, Kelurahan Bah Sorma, Kecamatan Siantar Sitalasari, seluas 91 Ha ini ditanami Futasi dengan tanaman ubi, sereh dan di beberapa titik sudah didirikan rumah permanen.

Proses penanaman 1.000 pokok kelapa sawit ini dikawal pihak pengamanan Kebun Bangun dibantu personil Polresta Pematangsiantar dan Brimob Pematangsiantar.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kapolresta Pematangsiantar, AKBP Fernando SIK, didampingi Wakapolresta Kompol Ismawansa, SIK, Kabag.Ops. AKP Muri Yasnal, Kasat Intelkam AKP Arifin Pakpahan, Kapolsek Siantar Martoba AKP Manaek Ritonga didampingi para Kanit serta puluhan anggota Polresta Pematangsiantar dan Brimob.

Dari PTPN III hadir Manager Kebun Bangun Febriandi Bangun, Asisten Personalia Kebun Donny F Manurung, SH dan para Asisten Afdeling.

Proses penanaman diawali dengan apel bersama seluruh personil keamanan dan karyawan Kebun Bangun. Apel dipimpin Kepala Keamanan Tingkat Perusahaan Letkol (Purn) Juang Eko Prihanto, didampingi Kepala Keamanan Operasional Kantor Kandir Medan Idris SE, MAP.

Asisten Personalia Kebun Doni F. Manurung, SH yang dikonfirmasi di sela-sela penanaman sawit menjelaskan, kegiatan ini merupakan penanaman kembali lahan kosong seluas sekitar 66 Ha dari luas totalnya 91 Ha dan sisanya sebanyak 25 Ha merupakan bagian dari rencana pembangunan Proyek Strategis Nasional.

Lebih jauh dijelaskan APK Bangun, pihaknya berupaya agar lahan HGU dapat sepenuhnya diusahai kembali Kebun Bangun, yang saat ini digarap 60 kepala keluarga, selebihnya dikuasai oleh pihak investor yang belum diketahui jati dirinya.

Terkait dengan penggarapan lahan HGU oleh kelompok Futasi ini telah dilaporkan ke Polda Sumatera Utara, dan masih tahap penyelidikan. "Kami berharap kasus ini dapat diproses secara tegas dan tuntas sesuai dengan hukum yang berlaku," ujar Doni. (Rel/R4/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com