Kasat Pol PP Sergai Imbau Pedagang Pekan Lelo Segera Pindah ke Pasar Rakyat Seirampah


102 view
Kasat Pol PP Sergai Imbau Pedagang Pekan Lelo Segera Pindah ke Pasar Rakyat Seirampah
Foto Dok
Fajar Simbolon
Sergai (SIB)
Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol PP) Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) Fajar Simbolon mengimbau para pedagang Pekan/Pasar Lelo untuk segera menghentikan dan memindahkan segala aktivitas dagangnya ke Pasar Rakyat Seirampah.

"Kondisi Pekan Lelo dinilai mengganggu ketertiban umum dan menghambat arus lalulintas di Jalinsum Medan-Tebingtinggi, khususnya di kawasan Kecamatan Seirampah. Maka dari itu, sebaiknya direlokasi ke tempat yang sudah disiapkan pemerintah dan lebih kondusif," ujar Fajar Simbolon didampingi Kabid Penegak Perda Martin Marpaung ketika berbincang dengan SIB, Selasa (13/7), menanggapi aksi spontan penolakan relokasi dari ratusan pedagang Pekan Lelo yang sempat viral di media sosial Facebook, Minggu (11/7) lalu.

Lebih lanjut Simbolon menyatakan, selain mengganggu ketertiban umum dan menghambat arus lalulintas di Jalinsum Medan-Tebingtinggi, aktivitas Pekan Lelo yang dibuka setiap hari Minggu itu kerap melanggar aturan protokol kesehatan (Prokes) seperti menimbulkan kerumunan banyak orang dan tidak memiliki tempat mencuci tangan.

Kemudian, lanjutnya, selama ini pasar tersebut juga diketahui tidak memiliki surat Izin Usaha Pengelolaan Pasar Tradisional (IUP2T). Bahkan, semua bangunan Pasar Lelo tidak sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) pemerintah daerah.

"Keberadaan Pasar Lelo sudah menyalahi aturan karena tidak sesuai dengan regulasi yang ada (tidak mengantongi izin)," ucap Simbolon.

Mantan Camat Dolokmasihul, Seirampah dan Tebingtinggi itu pun menjelaskan bahwa Pasar Rakyat Seirampah merupakan tempat yang layak untuk diisi kalangan pedagang Pekan Lelo. Hal tersebut lantaran Pasar Rakyat Seirampah sudah diperlengkapi berbagai fasilitas pendukung, semisal toilet dan tempat cuci tangan yang memadai.

"Saya berharap, kalangan pedagang Pekan Lelo segera mengikuti kebijakan pemerintah daerah untuk relokasi. Sehingga, perubahan yang lebih baik dapat terwujud di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat," kata Simbolon. (C4/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com