Kasatpol PP Karo Imbau PKL Tidak Memakai Badan Jalan


148 view
Kasatpol PP Karo Imbau PKL Tidak Memakai Badan Jalan
Foto: SIB/Marlinto Sihotang
Sosialisasi : Personel Satpol PP melaksanakan sosialisasi atau imbauan kepada pedagang supaya tidak memakai badan jalan, Senin (8/8) di beberapa Pasar di Kabupaten Karo. 

Karo (SIB)

Personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Karo selalu mengimbau pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan supaya tidak menggunakan badan jalan.


"Kami imbau, para PKL untuk tertib berjualan dan tidak berjualan di badan jalan, sehingga tidak mengganggu kelancaran lalu lintas dan kenyamanan masyarakat lainnya," ujar Kasatpol PP Gelora Fajar Purba, Senin (8/8).


Ia menyebut, imbauan ini untuk menegakkan peraturan daerah (Perda) yang mengatur PKL di Kabupaten Karo, khususnya di Kota Berastagi dan Kabanjahe.


Ia mengaku, pihaknya belum melakukan penindakan dan hanya sekedar mengeluarkan imbauan saja. Sebab, katanya, Satpol PP Kabupaten Karo lebih mengedepankan pelayanan humanis terhadap masyarakat. "Pertama kita tegur dengan lisan dan berikan imbauan. Tapi kalau masih bandel maka kita beri teguran tertulis," jelasnya.


Menurutnya, jika pedagang tidak mengindahkan imbauan tersebut maka Satpol PP terpaksa akan melakukan penertiban.


Untuk itu, masyarakat diharapkan dapat bekerjasama dengan patuh dengan Perda. "Kita juga sebenarnya tidak mau menindak, oleh sebab itu harapan kita, para pedagang bisa paham dan patuh," lanjutnya.


Pemberitahuan kepada PKL juga tidak serta merta langsung ditindak, tetapi dilakukan secara bertahap. Mulai dari teguran lisan, tertulis hingga penindakan dengan jangka waktu yang ditetapkan. "Kalau sudah bandel, terpaksa harus ditindak. Tapi sejauh ini tidak ada penolakan kasar sebab masyarakat sudah paham," kata Gelora. (B1/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com