Anggota DPRD SU Gelar Sosper No1/2019 Tentang Fasilitasi Pencegahan Narkotika

Kasubdit II Ditresnarkoba : Peran Gereja dan Guru Sekolah Minggu Sangat Ampuh Cegah Narkoba


151 view
Foto SIB/Firdaus Peranginangin
Sosper: Anggota DPRD Sumut  Parlaungan Simangunsong menggelar  Sosper  (Sosialisasi Perda)  No1/2019 tentang Fasilitasi Pencegahan Nakotika, Psikotropika dan Zat Adiktif Lainnya, di Medan Labuhan, Rabu  (12/5/2021),  menampilkan nara sumber Kasubdit II Ditresnarkoba Polda Sumut AKBP Dr Bahtiar Marpaung MHum.
Medan (harianSIB.com)
Anggota DPRD Sumut Ir Parlaungan Simangunsong ST IPM mengajak para orang tua untuk lebih memperhatikan aktivitas anak-anaknya, agar tidak terjerumus dalam lingkaran peredaran narkoba, demi menyelamatkan generasi muda bangsa.
Hal itu disampaikan Parlaungan Simangunsong saat menggelar Sosialisasi Perda (Sosper) No1/2019 tentang Fasilitasi Pencegahan Nakotika, Psikotropika dan Zat Adiktif Lainnya, di Medan Labuhan, Rabu (12/5/2021), dengan menampilkan nara sumber Kasubdit II Ditresnarkoba Polda Sumut AKBP Dr Bahtiar Marpaung.
"Kita selaku orang tua harus tetap mengawasi dan mengetahui aktivitas putra/putri kita, jangan dibiarkan terlalu bebas ke luar rumah walaupun alasannya ke tempat keluarga, karena bisa saja alasan itu disalahgunakan anak bergelut dengan narkoba," ujarnya.
Seperti diketahui, kata Parlaungan, dampak narkoba tersebut sangat berbahaya. Bahkan membuat pecandu tidak memiliki etika dan akan menyusahkan keluarga dan masyarakat, sehingga diserukan kepada seluruh masyarakat proaktif memerangi narkoba di lingkungannya masing-masing demi penyelamatan generasi muda.
Sementara itu, Kasubdit II Ditresnarkoba Polda Sumut AKBP Dr Bahtiar Marpaung, yang tampil sebagai nara sumber juga mengajak masyarakat berperan aktif dalam pencegahan narkoba di masyarakat, dengan melaporkan lokasi transaksi narkoba kepada aparat penegak hukum.
"Masyarakat yang memberitahukan lokasi narkoba wajib kita lindungi. Jangan segan menginformasikan kepada aparat, biar bisa cepat kita basmi peredaran narkoba tersebut, sehingga anak-anak terlindungi," ujar Bahtiar Marpaung.
Dalam kesempatan itu, Bahtiar juga berharap kepada tokoh-tokoh gereja dan para guru sekolah minggu untuk lebih berperan aktif dalam memberikan pemahaman untuk pencegahan narkoba sejak dini, karena peran mereka sangat ampuh untuk mencegah narkoba.
"Kepada guru sekolah minggu, dalama mengajar anak-anak sekolah minggu sebaiknya rutin menjelaskan tentang bahaya narkoba, supaya anak-anak juga sejak dini bisa menjauhi narkoba," tutupnya.(*)

Penulis
: Firdaus Peranginangin
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com