Kasus Akte Kematian Orang yang Masih Hidup, Kades Janji Matogu Ditahan


1.353 view
Kasus Akte Kematian Orang yang Masih Hidup, Kades Janji Matogu Ditahan
Foto: Net
Ilustrasi.
Samosir (harianSIB.com)

Kades Janji Matogu, Pantas Gultom ditahan Polres Samosir, terkait kasus terbitnya Akte Kematian orang yang masih hidup.

Sebelumnya, suami Roida Tampubolon sebagai pemohon Akte Kematian sudah ditahan terlebih dahulu.

Sementara, mantan Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil Samosir, Lemen Manurung, yang saat ini menjabat Asisten III Pemkab Samosir belum tersentuh.

Kasatreskrim Polres Samosir, AKP Suharto ketika dikonfirmasi wartawan termasuk jurnalis Koran SIB Marihot Simbolon, Rabu (16/6/2021), di Pangururan, membenarkan penahanan Kades Janji Matogu tersebut.

"Benar, sudah ditahan sejak semalam," katanya.

Awal dari kasus ini, ketika Roida Tampubolon keberatan dan melaporkan kejadian terbitnya Akte Kematian atas dirinya ke Polres Samosir.

Sejumlah aparatur yang menangani kasus terbitnya Akte Kematian palsu ini, telah diperiksa kepolisian termasuk Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil Samosir saat itu, Lemen Manurung.

Pantauan wartawan, sejumlah kepala desa mengunjungi Mapolres Samosir untuk membesuk Kades Janji Matogu.

Sebelumnya, Lemen Manurung kepada wartawan mengatakan, persoalan itu idealnya bisa diklarifikasi dengan menerbitkan pembatalan Akte Kematian tersebut.

"Dari sisi regulasi, kita hanya mencatatkan akte itu sesuai permohonan pemohon dan dokumen permohonan dipenuhi. Sehingga Dukcapil mencatatkan Akte Kematian itu," katanya. (*)

Editor
: Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com