Kasus Meningkat, Jumlah DBD di Medan 1.357


137 view
Kasus Meningkat, Jumlah DBD di Medan 1.357
Foto: Istimewa
Ilustrasi.

Medan (harianSIB.com)

Berdasarkan data Demam Darah Dengue (DBD) yang diperoleh dari Dinkes Kota Medan sejak bulan Januari hingga Agustus 2022 tercatat ada 1.357 kasus. Sedangkan tahun sebelumnya tercatat 651 kasus.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Medan dr Pocut Fatimah Fitri mengatakan dari data kasus DBD tahun 2022, tiga kecamatan tertinggi ditemukan kasus DBD ini.

Ketiga kecamatan itu yaitu Medan Johor (127 kasus), Medan Tuntungan (124 kasus), dan Medan Sunggal (121 kasus). Menyusul Medan Denai (119 kasus), Medan Selayang (111 kasus), Medan Helvetia (90 kasus).

"Untuk mengantisipasi terjadinya kasus DBD ini kita telah melakukan berbagai kegiatan seperti Penyuluhan, pemberantasan sarang nyamuk, dan melakukan foging di kawasan yang terdapat kasus DBD," katanya kepada harianSIB.com, Selasa (27/9/2022).

Ia mengimbau agar masyarakat waspada jika menemukan ada gejala demam dan segera dibawa ke fasilitas kesehatan (faskes) guna memastikan apakah mengalami DBD atau tidak.

Hal ini dikarenakan kasus DBD terdeteksi mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. "Ini juga agar jangan sampai terlambat penanganannya," pintanya.

Ia mengimbau agar masyarakat tetap menerapkan 3 M plus yaitu menguras, menutup, mengubur plus obat anti nyamuk. "Bila perlu anti jentik, pakai abate yang dapat diperoleh di masyarakat," tegasnya. (*)

Penulis
: Leo Bukit
Editor
: Robert/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com