Kawasan Ekonomi Khusus Bangka Belitung Rekrut Tenaga Kerja Asal PTKI Medan


191 view
Kawasan Ekonomi Khusus Bangka Belitung Rekrut Tenaga Kerja Asal PTKI Medan
(Foto: Dok/PTKI Medan)
Ahli Vokasi: Kepala Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan SDM Aparatur BPSDMI Kementerian Perindustrian RI, Drs Dadi Marhadi MM (kiri) dan Direktur PTKI Medan Poltak Evencus Hutajulu ST MT (kanan) mengapit ahli vokasi lulusan terbaik PTKI Medan pada wisuda sarjana Ahli Madya D3, Sabtu lalu. 

Medan (SIB)

Wilayah industri yang berbatasan langsung dengan luar negeri, merekrut tenaga kerja (TK) asal Medan.


Satu di antaranya adalah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Belitung di Bangka Belitung yang merekrut (TK) alumni vokasi Politeknik Teknologi Kimia Industri (PTKI) Medan, yang pada Agustus 2022 langsung masuk industri di wilayah tersebut.


Masih banyak kesempatan untuk TK dengan keahlian vokasi dibutuhkan dalam memasuki pasar kerja.


Hal itu diutarakan Direktur PTKI Medan Poltak Evencus Hutajulu, saat mewisuda 339 orang sarjana Diploma Tiga (D III) Ahli Madya Angkatan XXXIV tahun 2022, Sabtu lalu di Aula Kampus PTKI Medan Jalan Medan Tenggara VII Kecamatan Medan Denai Kota Medan.


Alumni terdiri dari Ahli Madya D-III, 128 Prodi Teknik Kimia, 108 Prodi Teknik Mekanika dan 103 Prodi Agribisnis Kelapa Sawit.


Menanggapi kesempatan berkarier bagi pemilik keahlian vokasi, Kepala Badan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Agus Gunawan diwakili Sekretaris Yedi Sabaryadi mengurai, ke depan, tenaga ahli vokasi sangat dibutuhkan industri.


Menurutnya, triwulan III 2022 industri pengolahan merupakan penyumbang terbesar PDB bila dibandingkan dengan sektor lainnya yaitu 17,88 persen.


Industri pengolahan juga mampu memberikan kontribusi signifikan melalui setoran pajak sebesar 29.8 persen, serta membuka peluang dan lapangan kerja sebanyak 19,17 juta orang bekerja.


Hal ini berarti sektor industri berperan penting meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi kemiskinan.


“Terus kembangkan SDM berbasis industri dan penguasaan teknologi akan terus dilakukan dalam melahirkan SDM berkompeten dan bersaing global,” ujarnya.


Tentang prestasi PTKI Medan, Poltak Hutajulu bangga dan bahagia karena di masa pandemi semakin jelas bahwa SDM unggul yang kreatif akan memenangi persaingan.


“Raihan gelar ahli madya pun sebagai bentuk pengakuan kompetensi sekaligus mengingatkan akan suatu tanggung jawab yang baru, yang menjadi bekal untuk mampu merespon permasalahan yang perkembangan di tengah masyarakat maupun di dunia kerja yang penuh dinamika,” tambahnya.


Wisuda dibuka Ketua Senat Manan Ginting MT itu dihadiri kalangan industri termasuk Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri Kementerian Perindustrian RI, Drs Yedi Sabaryadi, Kepala Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan SDM Aparatur BPSDMI Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI, Drs Dadi Marhadi MM, Direktur Industri Hasil Hutan dan Perkebunan, Direktorat Jenderal Industri Agro, Kementerian Perindustrian RI, Merrijantij Punguan Pintaria ST MEng, ejabat Fungsional Pembina Industri pada PPPVI BPSDMI Kementerian Perindustrian RI, Candra Bachtiyar MT MBA, Kepala Balai Diklat Industri Medan, perwakilan Kepala Balai Riset dan Standarisasi Industri Medan dan dari berbagai pimpinan perusahaan mitra PTKI Medan.


Terlihat Pembantu Direktur (Pudir) I, Dr Golfrid Gultom MT, Pudir II New Vita MD Marbun MT, Pudir III Irfan Rusmar MEng, para anggota senat, Kasubag Umum dan Keuangan, Partogi Panggabean SE Kasubag Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan, Mahyana SE dan para ketua dan sekretaris program studi serta dosen di lingkungan PTKI Medan. (R10/d)



Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com