Kebakaran di Doloksanggul, Seorang Wanita Lansia Tewas Terbakar


488 view
Kebakaran di Doloksanggul, Seorang Wanita Lansia Tewas Terbakar
Foto Dok/Humas Polres Humbahas
TERBAKAR : Satu unit rumah hangus terbakar di Pearaja Duru, Desa Huta Bagasan, Kecamatan Doloksanggul, Sabtu (29/1/2022) sekira Pukul 23.55 WIB. Akibat peristiwa itu, seorang wanita Lansia bernama Lomi Br Manullang (79) meninggal dunia. 

Humbahas (harianSIB.com)


Satu unit rumah hangus terbakar di Pearaja Duru, Desa Huta Bagasan, Kecamatan Doloksanggul, Sabtu (29/1/2022) sekira Pukul 23.55 WIB. Akibat peristiwa itu, seorang wanita lanjut usia (Lansia) bernama Lomi Br Manullang (79) meninggal dunia.


Hal itu disampaikan Kapolres Humbahas AKBP Achmad Muhaimin melalui Kasubbag Humas Bripka Lolo Bako kepada wartawan termasuk jurnalis Koran SIB Frans Simanjuntak, Minggu (30/1/2022).


Lolo mengatakan, dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) yang dilakukan Satreskrim Polres Humbahas, penyebab kebakaran sementara diduga adanya arus pendek pada stop kontak alat memasak nasi (rice cooker) yang berada di dapur yang mengakibatkan api menjalar ke papan yang ada di rumah korban yang kebetulan tinggal sendiri di sana.


Lebih lanjut dijelaskan, peristiwa kebakaran pertama kali diketahui oleh tetangga korban. Kata dia, awalnya sejumlah saksi mendengar suara menyerupai suara hujan, padahal saat itu tidak ada turun hujan.


"Penasaran dengan suara itu, para saksi keluar dari dalam rumahnya, dan melihat rumah almarhum Lomi Manullang terbakar sambil berteriak minta tolong. Tetangga yang lainnya langsung terbangun dan keluar dari rumah dan melihat rumah korban sudah terbakar. Tetapi saat itu tidak ada yang berani menerobos masuk ke dalam rumah untuk membantu atau menyelamatkan korban karena api sudah sangat besar," kata Lolo.


Ditambahkan, saat itu juga warga langsung menghubungi kepala desa dan petugas oemadam kebakaran, serta petugas kepolisian. Setelah api berhasil dipadamkan, petugas kepolisian mengamankan TKP dan mengevakuasi tubuh korban yang sudah hangus terbakar untuk divisum atau diautopsi. Namun saat itu keluarga korban menolak untuk diautopsi.


"Atas permintaan pihak keluarga almarhum Lomi Manullang meminta jenazah tidak perlu diautopsi. Maka setelah pihak Rumah Sakit Umum Dolok Sanggul selesai memeriksa dan membersihkan jenazah, pihak keluarga membawa jenazah ke rumah keluarga untuk disemayamkan dan selanjutnya dikebumikan," kata Lolo.


Lebih lanjut disampaikan, guna kepentingan penyidikan, petugas menyita sejumlah barang bukti kebakaran berupa, 1 buah tempat memasak nasi (rice cooker), 2 kayu broti, tabung gas elpiji 3 Kg dan 1 meteran listrik yang sudah terbakar. (*)

Editor
: Robert/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com