Kebun Raya Samosir Berpartisipasi Cetak Rekor Muri Penanaman Spesies Terbanyak


154 view
Kebun Raya Samosir Berpartisipasi Cetak Rekor Muri Penanaman Spesies Terbanyak
Foto : Istimewa
Kebun Raya Bogor memperingati HUT ke-205 pada, Rabu (18/5) dengan melakukan penanaman serentak spesies tanaman terbanyak bersama kebun raya daerah di Indonesia. 

Samosir (SIB)

Kebun Raya Bogor memperingati HUT ke-205 pada, Rabu (18/5) dengan melakukan penanaman serentak spesies tanaman terbanyak bersama kebun raya daerah di Indonesia.


Kegiatan tersebut dilakukan secara luring dan daring diawali peresmian Wahana Edukasi Griya Anggrek di Kebun Raya Bogor, dilanjutkan penanaman pohon secara serentak di 23 Kebun Raya di Indonesia yang dilakukan secara hybrid. Tahun ini Kebun Raya Bogor memperingati hari jadinya dengan mengusung tema “Melestarikan Keragaman, Menginspirasi Kehidupan.”


Peringatan HUT Kebun Raya Bogor diikuti juga serentak oleh 23 Kebun Raya Daerah maupun Kebun Raya yang berada di bawah BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) secara serentak melakukan penanaman spesies tanaman terbanyak.


Demikian disampaikan Plt Kadis Kominfo Samosir, Ricky Rumapea kepada wartawan, Kamis (19/5) di Pangururan.


Dikatakan Ricky, Kebun Raya Samosir yang terletak di Kecamatan Simanindo menjadi salah satu Kebun Raya daerah yang ikut berpartisipasi mencetak Rekor Muri penanaman serentak dengan menanam spesies tanaman endemik Tapanuli.


Penanaman tersebut dilakukan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Edison Pasaribu, Kepala UPTD Kebun Raya Samosir bersama-sama dengan seluruh Staf Kebun Raya Samosir dengan 6 spesies tanaman yaitu, Agathis dammara, Altingia excels, Cinnamomum burmannii, Dacrycarpus imbricatus, styrax paralleloneurus dan Schima wallichii.


Bupati Samosir diwakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Samosir mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-205 untuk Kebun Raya Bogor.


Kepala Kebun Raya Samosir, Roliat Siregar menuturkan dengan adanya pemecahan rekor muri sebagai penanaman spesies tanaman terbanyak secara serentak di Indonesia diharapkan menjadi spirit baru bagi pembangunan dan kemajuan Kebun Raya Daerah khususnya Kebun Raya Samosir, sebagai pusat konservasi dan sarana penelitian, edukasi, jasa lingkungan dan rekreasi bagi masyarakat, katanya. (G2/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com