Kecamatan Percut Sei Tuan Laksanakan Gerakan Pilah Sampah


231 view
Kecamatan Percut Sei Tuan Laksanakan Gerakan Pilah Sampah
Foto: Dok/Kecamatan
BERSIHKAN SAMPAH LIAR: Pihak Kecamatan Percut Sei Tuan dan Desa melaksanakan Gerakan Pilah Sampah dengan membersihkan sampah liar di Desa Sampali, Kecamatan Percut Sei Tuan, Deliserdang, Selasa (30/11).

Deliserdang (SIB)

Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deliserdang melaksanakan Gerakan Pilah Sampah di seluruh desa/kelurahan.


Camat Percut Sei Tuan Ismail SSTP M.SP melalui Kepala Seksi (Kasi) Kebersihan Kecamatan Romi SD Damanik SSTP MSi yang dikonfirmasi wartawan, Selasa (30/11) mengatakan Gerakan Pilah Sampah yang ditujukan ke kecamatan tersebut merupakan instruksi langsung dari Bupati Deliserdang yang tertuang dalam surat Nomor: 660/2289/Tanggal 06 Juli 2021.


"Perihal Gerakan Pilah Sampah dan mendukung peraturan Bupati Nomor 24A Tahun 2018 tentang kebijakan dan strategis Kabupaten Deliserdang dalam pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga," ujarnya.


Desa/kelurahan, sambungnya, diharuskan membuat kawasan wajib Pilah Sampah. Membentuk Bank Sampai Unit di masing-masing kantor desa/kelurahan.


"Dengan adanya instruksi itu, kecamatan berkoordinasi dengan pihak desa/kelurahan untuk melaksanakan gotong royong. Sasarannya yakni titik sampah liar di sejumlah lokasi, diantaranya Desa Cinta Rakyat, Desa Saentis, Desa Sampali, Desa Medan Estate, Kecamatan Percut Sei Tuan dan Desa lainnya," ungkap Romi.


Lanjutnya, kegiatan Gerakan Pilah Sampah ini sifatnya rutin/biasa dan masih internal. Saat ini pihaknya juga pelaham-lahan sudah mencetak spanduk imbauan larangan buang sampah di sembarang tempat, dan akan di titil-titik tertentu.


"Sebagian spanduk imbauan sudah kita pasang, salah satunya di depan pintu 2 Kampus Unimed yang dulunya banyak sampah dibuang sembarangan. Kini setiap kita cek, lokasi dekat spanduk bersih dari sampah. Kegiatan Gerakan Pilah Sampah ini akan kita galakkan. Kita juga nantinya akan berkoordinasi dengan ormas-ormas lain untuk melaksanakan gotong royong," pungkas Romi Damanik. (A14/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com