Kejari Asahan Dituding Tidak Serius Tangani Kasus Dugaan Korupsi DD Sei Dadap I/II


605 view
Kejari Asahan Dituding Tidak Serius Tangani Kasus Dugaan Korupsi DD Sei Dadap I/II
Internet
 Ilustrasi
Kisaran (harianSIB.com) -Kejaksaan Negeri (Kejari) Asahan dituding tidak serius atau lamban menangani kasus dugaan korupsi Dana Desa (DD) Sei Dadap I/II, Kecamatan Sei Dadap, Kabupaten Asahan.

"Sudah dilimpahkan hasil rekomendasi pemeriksaan kasus dari Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Asahan, tetapi hingga saat ini belum ada juga penetapan tersangkanya," kata Ketua DPP Independen Hukum Indonesia (IHI) Bahrum, kepada harianSIB.com, Senin (3/5/2021).

Dikatakan Bahrum, menyangkut kasus ini sejak dilaporkan telah menghabiskan waktu 2 tahun lebih. Bahkan, pihak APIP Asahan telah menguatkan adanya kerugian negara sesuai laporan dugaan kasus korupsi DD tersebut sebesar Rp 400 juta lebih.

"Setelah ada hasil audit oleh APIP Asahan, masya sampai saat ini penetapan tersangka tidak bisa. Berapa lama lagi waktu yang dibutuhkan? Lamban, tentu wajar kita pertanyakan kinerja Kejari Asahan," tukas Bahrum.

Kasi Intel Kejari Asahan Josron Malau melalui anggotanya Raymond Saptahari ketika dikonfirmasi harianSIB.com, Senin (3/5/2021), di ruang pelayanan satu pintu Kejari Asahan mengatakan kasus dimaksud sedang ditangani Tim Pidsus Kejari Asahan.

Ditanya belum ada ditetapkanya tersangka, Raymond menjawab terkait itu sudah ditindaklanjuti sehingga kasus yang semula masih dalam tahap penyelidikan kini ditingkatkan menjadi penyidikan.

Raymond tak menampik ada kendala dalam penanganan kasus tersebut. Namun, ia enggan menyebutkan kendala dimaksud.

"Tidak bisa saya buka kendala itu, pastinya sudah tahap penyidikan. Nanti kita update kasus ini secara terbuka," katanya.(*)

Penulis
: Mangihut Simamora
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com