Kejari Binjai Musnahkan Barang Bukti Hasil Kejahatan


372 view
Kejari Binjai Musnahkan Barang Bukti Hasil Kejahatan
Foto: SIB/M Irsan
MUSNAHKAN : Kejari Binjai bersama pihak terkait memusnahkan barang bukti perkara pidana yang sudah inkracht, di halaman kantor Kejari Binjai jalan T Amir Hamzah Kecamatan Binjai Utara, Rabu (16/3). 

Binjai (SIB)

Kejaksaan Negeri (Kejari) Binjai memusnahkan barang bukti perkara pidana yang sudah memperoleh kekuatan hukum tetap atau Inkracht di halaman kantor Kejari Binjai, jalan T Amir Hamzah Kecamatan Binjai Utara, Rabu (16/3).


Pemusnahan barang bukti langsung dipimpin Kepala Kejaksaan Negeri Binjai, M Husein Admaja SH MH, turut disaksikan perwakilan pemerintah kota yang dihadiri Wakil Wali Kota Binjai Rizky Yunanda Sitepu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Binjai Dr Sugianto, Asisten ll Pemko Binjai Meidy Yusri, Kasat Narkoba Polres Binjai AKP Firman Immanuel, Kasi Berantas BNNK Binjai AKP Bambang, serta perwakilan Pengadilan Negeri Binjai Mochtar.


Barang bukti yang dimusnahkan kali ini sabu-sabu seberat 34,68 gram, 70 butir ekstasi, 706,65 ganja kering, pisau/parang 2 buah, 14 unit HP, uang palsu pecahan Rp 50.000 serta dokumen dan surat-surat lainnya.


Pantauan SIB, pemusnahan barang bukti sabu-sabu dan ekstasi dilakukan dengan cara diblender, sedangkan ganja kering, parang/pisau dimusnahkan dengan cara dibakar dan barang bukti handphone dihancurkan dengan cara dipukul menggunakan martil sampai pecah lalu dibakar.


"Selama saya menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Binjai, ini merupakan yang ketiga kalinya kami memusnahkan barang bukti. Untuk jenis sabu-sabu sudah hitungan Kilogram. Hal ini menggambarkan bahwa kejahatan narkoba tidak bisa main-main. Bahkan dari data yang saya dengar, saat ini Provinsi Sumatera Utara untuk tingkat kejahatan narkotikanya nomor satu tertinggi di Indonesia," tegas Kajari Binjai M Husein Admaja.


Hal itu, menurut Kajari Binjai, dapat dilihat juga dengan banyaknya narapidana kasus narkotika di Lapas maupun di Rutan.

"Artinya di sini ada tanggung jawab kepala daerah untuk memberantas narkoba dan hal itu diatur dalam undang-undang," urai Kajari Binjai.


Sementara itu Wakil Wali Kota Binjai, Rizky Yunanda Sitepu dalam arahannya menegaskan, pemusnahan barang bukti ini adalah sikap sekaligus wujud pernyataan dari seluruh instansi yang ingin memberantas narkoba.


"Saya sangat percaya bahwa dalam memberantas narkoba tentunya akan sangat sulit dan bahkan susah untuk diberantas.


Segala cara dilakukan mereka agar barang haram itu bisa masuk. Namun setidaknya kita terus berusaha untuk memberantasnya," ungkap Rizky Yunanda Sitepu, sembari berharap agar angka kejahatan di Kota Binjai bisa menurun. (MI/f)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com