Kejari Deliserdang Pulihkan Keuangan Negara Rp 2 Miliar Lebih dari Piutang BPJS Ketenagakerjaann


300 view
Kejari Deliserdang Pulihkan Keuangan Negara Rp 2 Miliar Lebih dari Piutang BPJS Ketenagakerjaann
(Foto: SIB/Lisbon Situmorang)
PENGHARGAAN: Kajari Deliserdang Dr Jabal Nur (2 dari kiri) menerima piagam penghargaan dari Kacab BPJS Ketenagakerjaan Tanjungmorawa, Iskandar (2 dari kanan), Selasa (29/3) di Lubukpakam.

Lubukpakam (SIB)

Kejaksaan Negeri (Kejari) Deliserdang berhasil memulihkan keuangan negara dari penyelesaian piutang iuran bagi perusahaan yang menunggak iuran kepesertaan program BPJS Ketenagakerjaan hingga Rp 2.485.843.003, terdiri dari 48 SKK (Surat Kuasa Khusus) yang diberikan BPJS Kesehatan Tahun 2021.


Mengapresiasi keberhasilan itu, Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Tanjungmorawa, Iskandar memberikan piagam penghargaan kepada Kejari Deliserdang yang diterima Kajari, Dr Jabal Nur SH MH, Selasa (29/3) di kantor Kejari Deliserdang di Lubukpakam.


Selain itu, BPJS Kesehatan juga memberikan penghargaan kepada tim Jaksa Pengacara Negara (JPN) bidang Datun (Perdata dan Tata Usaha Negara), saat melaksanakan rapat monitoring dan evaluasi antara BPJS Ketenagakerjaan dengan Kejari Deliserdang.


Kajari Deliserdang Dr Jabal Nur mengatakan Kejaksaan Negeri Deliserdang berkomitmen untuk mengoptimalkan fungsinya sebagai Jaksa Pengacara Negara untuk melakukan dan memberikan penegakan hukum, bantuan hukum, pertimbangan hukum, tindakan hukum lain dan pelayanan hukum.


Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan itu sifatnya wajib bagi pekerja dan sudah di atur dalam UU RI Nomor 24 tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Sementara pemberi kerja yang melanggar ketentuan itu, bisa dituntut melanggar pasal 19 ayat 1 atau ayat 2 dengan pidana penjara paling lama 8 tahun atau denda paling banyak Rp 1 miliar.


Disebutkan, Tahun 2022 Kejari Deliserdang menerima sebanyak 101 SKK dari BPJS Ketenagakerjaan terkait bantuan hukum non litigasi kepada pemberi kerja, badan usaha yang menunggak iuran pada kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tanjungmorawa dengan potensi pemulihan keuangan negara Rp 8.011.569.526.


Sebelumnya, Kacab BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tanjungmorawa, Iskandar memberikan apresiasi terhadap upaya Kejari Deliserdang dalam menjalankan tugas dan fungsinya untuk dapat meningkatkan kepatuhan dalam penyelenggaran program jaminan sosial ketenagakerjaan. Rapat itu dihadiri Kasi Datun Kejari, Fahri Rahmadhani, Kabid Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tanjungmorawa Asipola R Manalu. (C1/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com