Kejari Deliserdang Sosialisasikan Peran Kejaksaan sebagai JPN


175 view
(Foto : harianSIB.com/Lisbon Situmorang)
FOTO BERSAMA : Kajari Deliserdang Jabal Nur SH MH (depan 9 dari kiri) dan Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan (8 dari kiri) foto bersama JPN Kejari dan pimpinan OPD, usai sosialisasi, Kamis (15/4/2021), di Lubukpakam. 
Lubukpakam (harianSIB.com)

Kejaksaan Negeri (Kejari) Deliserdang menyosialisasikan peran Kejaksaan sebagai Jaksa Pengacara Negara (JPN) dalam pembangunan kepada seluruh pimpinan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemkab Deliserdang, Kamis (15/4/2021), di Aula Cendana Kantor Bupati di Lubukpakam.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Deliserdang, Jabal Nur dalam paparannya menyampaikan fungsi lain Jaksa khususnya di bidang perdata dan Tata Usaha Negara, terkait pelaksanaan tugas, fungsi dan wewenang, baik aspek teknis, administrasi maupun teknis juridis.

Hal itu merupakan konsekuensi logis saat pemerintah terikat hubungan hukum atau perjanjian dengan pihak ketiga atau swasta, baik korporasi maupun orang perorangan, dalam mewujudkan program pembangunan di Kabupaten Deliserdang.

Bidang Datun (Perdata dan Tata Usaha Negara) dapat memberikan pemecahan masalah atas berbagai problem yang timbul dalam proses pembangunan melalui kegiatan penegakan hukum, bantuan hukum, pertimbangan hukum, pelayanan hukum dan tindakan hukum lain bagi instansi atau lembaga maupun masyarakat yang membutuhkan.

Jaksa Pengacara Negara merupakan bantuan hukum yang diberikan untuk mewakili lembaga negara, instansi pemerintah baik pusat maupun daerah, berdasarkan Surat Kuasa Khusus (SKK), baik sebagai penggugat maupun sebagai tergugat yang dilakukan secara litigasi maupun nonlitigasi.

Kajari berharap sosialisasi itu dapat memberikan pemahaman terhadap seluruh pimpinan OPD tentang gambaran hukum yang dapat berdampak positif terhadap pelaksanaan pembangunan, berkordinasi dengan Kejari Deliserdang setiap adanya permasalahan.

Sebelumnya, Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan berharap Kejaksaan memberi penjelasan seluas-luasnya soal fungsi dan manfaat Datun. Untuk dapat menambah ilmu dan wawasan pribadinya serta juga para pimpinan OPD.

Bupati berharap seluruh yang hadir bisa memanfaatkan momentum itu, agar penjelasan dan penanganan dalam proses pemerintah termasuk proses pembangunan.

Sosialisasi turut dihadiri Kasi Datun Kejari Deliserdang Fahri Ramadhani, Sekdakab Darwin Zein, Inspektur Deliserdang Edwin Nasution, Kabag Hukum Deliserdang Era Permatasari. (*).
Penulis
: Lisbon Situmorang
Editor
: Robert/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com