Kejari Karo Tahan Kades Tanjung Pulo Diduga Korupsi Dana Desa Rp 404 Juta


214 view
Kejari Karo Tahan Kades Tanjung Pulo Diduga Korupsi Dana Desa Rp 404 Juta
(Foto: SIB/Sonry Purba)
TAHAN: Kejari Karo tetapkan tersangka dan menahan Kepala Desa Tanjung Pulo berinisial DS  terkait dugaan penyimpangan penggunaan anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD)  tahun 2018 dan 2019. Dan tersangka dititipkan ke Rutan Kabanjahe, Rabu (21/7) petang. 
Karo (SIB)
Kejari Karo tetapkan tersangka dan tahan Kepala Desa Tanjung Pulo berinisial DS terkait dugaan penyimpangan penggunaan anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) tahun 2018 dan 2019, Rabu (21/7) petang.

Sebelum dilakukan penahanan, tersangka terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan di salah satu ruangan pidana korupsi di Kantor Kejari Karo.

"Tersangka melakukan tindak pidana korupsi penggunaan DD dan ADD yang merugikan negara sebesar Rp 404 juta. Hal ini berdasarkan hasil pemeriksaan dari Inspektorat Kabupaten Karo," ujar Kajari Karo Fajar Syah Putra SH MH kepada pers di halaman Kantor Kejari Karo, Rabu (21/7) petang.

Ia menjelaskan, tersangka langsung ditahan selama 20 hari ke depan mulai terhitung, Rabu (21/7) dan dititipkan di Rutan Kelas II Kabanjahe.

Sementara Kasie Intel Kejari Karo, Ifhan Taufik Lubis SH MH mengatakan, barang bukti yang disita dokumen yang terkait penggunaan anggaran ADD dan DD tahun 2018 dan 2019.

Kepada tersangka atas perbuatannya disangkakan melakukan Tipikor sehingga dituntut primer pasal 2 ayat 1 subsider pasal 3 ayat 1 UU 31 tahun 1999 atau UU 20 tahun 2001 tentang Tipikor dengan ancaman pidana penjara paling singkat 4 tahun dan paling lama 20 tahun.

Sebagaimana disiarkan SIB sebelumnya, dugaan korupsi ADD dan DD ini dilaporkan puluhan warga Desa Tanjung Pulo Kecamatan Tiganderket, Kabupaten Karo ke Kantor Kejari Karo. Warga juga sempat mempertanyakan pengusutan tindak lanjut atas laporan dugaan korupsi penggunaan anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) tahun 2018 dan 2019 di desa tersebut. (BR2/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com