Kejari Langkat Februari-Juni 2021 Tangani 490 Perkara

* Selamatkan Uang Negara dari PNBP Rp 110 Juta Lebih

402 view
Kejari Langkat Februari-Juni 2021 Tangani 490 Perkara
Foto: SIB/Sukardi Bakara
PAPARKAN: Kajari Langkat Muttaqin Harahap SH MH (foto ditengah) saat  memaparkan   capain kinerja jajarannya di Bidang Pidum, Pidsus, Pembinaan, DATUN  serta Bidang   Barang Bukti dan Rampasan  kepada  wartawan di Kantornya, Rabu (21/7).
Langkat (SIB)
Kejaksaan Negeri (Kejari) Langkat selama bulan Februari-Juni 2021 menangani perkara Pidana Umum (Pidum) sebanyak 490 Surat Perintah Dilakukan Penyidikan (SPDP), dengan jumlah penuntutan sebesar 344 perkara.

Dari perkara itu yang mendonasi kasus narkotika sebanyak 147 perkara, Keamanan negara dan ketertiban umum (Kamnegtibum) dan Tindak Pidana Umum Lainnya (TPUL) 102 perkara dan Orang dan Harta Benda (Oharda) 95 perkara .

Kajari Langkat Muttaqin Harahap SH MH menyebutkan itu saat temu pers memaparkan capaian kinerja dari Bidang Pidum, Pidsus, Pembinaan, DATUN , Barang Bukti dan Rampasan kepada wartawan di Kantornya, Rabu (21/7).

Untuk Bidang Pidana Khusus (Pidsus), Kajari yang didampingi Kasi Intel Boy Amali SH MH dan Kasi Pidsus, Mohammad Junio Ramandre SH mengaku, dari 4 Sprint Penyelidikan (Lid), dua perkara penyidikan (Dik) yakni, Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) Desa Tanjung-putus Kecamatan Padang-tualang serta kegiatan Rehabilitasi / pemeliharaan Rutin Jalan di Satuan Kerja Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jalan dan Jembatan pada Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sumut.

"Sesuai hasil ekpos 19 Juli 2021 kemarin, untuk rehabilitasi pemeliharaan jalan UPT dan karena sudah memiliki bukti cukup empat ASN Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Sumut ditetapkan tersangka," sebut Muttaqin seraya untuk penanganan Penuntutan 1 Perkara yakni Biaya Operasional Kesehatan di Puskesmas Desa Teluk Kecamatan Secanggang maupun DD di Desa Kelantan Kecamatan Brandan Barat.

Masih di Pidsus untuk Eksekusi 1 Perkara DD Desa Kelantan Kecamatan Brandan Barat sedangkan Upaya Hukum, satu perkara yakni Pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) Sekolah Pertambangan Purnama Langkat.

Sedangkan Bidang Pembinaan dari Penerimaan Bukan Pajak (PNBP) selama tahun 2021, sewa tanah, gedung dan bangun dan ongkos perkara Rp 2.645.000, Pendapatan penjualan barang rampasan/hasil sitaan Pengadilan Rp 52.991.000 dan pendapatan Denda Pelanggaran lalulintas Rp 5.295.000. Serta Pendapatan Uang Sitaan Pidana lain diputuskan pengadilan Rp49.639.500. Jumlah Total 110.570.500 atau serapan anggaran untuk negara perjuni mencapai 74,74 persen.

Muttaqin Harahap menjelaskan, Bidang Perdata dan TUN (Datun), telah memberikan Bantuan Hukum berupa Non Ligitasi 17 SKK serta Pendampingan Hukum/ Legas Asistance. LA, 1). Pelayanan Hukum ada 21 pihak melakukan konsultasi serta pemulihan keuangan negara sebesar Rp 95 juta lebih dari BPJS Kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan terkait tunggakan iuran kepesertaan.

Kejari Langkat sebut Muttaqin Harahap telah melakukan pemusnahan barang bukti dan rampasan negara berupa Narkotika sebanyak 103 perkara (sabu sabu 64,36 gram dan Ganja 20,88 Kg), Perkara Orang, Harta dan Benda (Oharda) sebanyak 15 perkara, Pemusnahan Keamanan dan Ketertiban Umum (Katibum), 15 perkara, Pengembalian Barang bukti 100 perkara .

Gelar Baksos
Sementara terkait momentum Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) Juli 2021, Kajari Langkat Muttaqin Harahap mengaku, jajarannya akan menggelar bakti sosial sederhana namun penuh makna berupa pendistribusian sembako masyarakat terdampak pandemi Covid 19 maupun anjangsana kepada purna Adhyaksa serta kunjungan ke panti asuhan, sebutnya. (A7/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com