Kejari Pematang Siantar Belum Ada Ungkap Kasus Baru Dugaan Korupsi di Lingkungan OPD


351 view
Kejari Pematang Siantar Belum Ada Ungkap Kasus Baru Dugaan Korupsi di Lingkungan OPD
Foto: harianSIB.com/Andomaraja Sitio
Kajari Pematang Siantar Jurist Precisely Sitepu saat dimintai tanggapan di kantor kejaksaan di Jalan Sutomo, Selasa (28/11/2023) sore. 

Pematang Siantar (harianSIB.com)

Kepala Kejaksaan Negeri Pematang Siantar Jurist Precisely Sitepu, telah bertugas selama satu tahun delapan bulan pasca dilantik menjadi Kajari Pematang Siantar bulan Maret 2022 lalu.

Namun belakangan ini, kinerja orang nomor satu di kejaksaan dalam penegakan hukum penanganan dugaan korupsi sepertinya adem-adem saja.

Termasuk salah satu dalam penanganan dugaan korupsi di lingkungan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemko Pematang Siantar hingga saat ini diduga tidak ada satu pun tersentuh penegak hukum.

Menanggapi hal tersebut, Kajari Pematang Siantar Jurist saat dimintai tanggapan harianSIB.com, Selasa (28/11/2023) sore, menyebut pihaknya telah menangani kasus dugaan korupsi pembangunan jalan jembatan outer ring road Tanjung Pinggir.

Saat ditanya soal tidak adanya kasus baru dugaan korupsi di lingkungan OPD yang ditangani kejaksaan, Jurist mengatakan, mungkin harus ada laporan.

"Kan gak mungkin kita nangani kasus bodong. Artinya begini, jangan nanti penyelidikannya punah. Kalau fakta yang terungkap di dinas tidak ada, saya juga rasa demikian. Karena kita tentunya penegak hukum juga harus punya info data akurat," sebutnya.

Menurutnya kendalanya tidak ada. Namun diharapkan adanya partisipasi elemen masyarakat dan teman teman media." Ia harapan kita adanya potensi bagi orang-orang yang kita temukan membuat laporan pengaduan," ungkapnya.

Saat disinggung soal laporan ada tidaknya yang masuk kejaksaan, Jurist menerangkan belum ada. Namun kendati demikian mana tau kala laporan masuk kurang detail, langkah pertama kami tentunya pasti meminta APIP.

Ketika disinggung lagi pihak kejaksaan, apakah tidak berkomitmen menelusuri dugaan korupsi di lingkungan OPD, Jurist menegaskan pastinya ada." Pasti adalah. Kisa sudah selesaikan perkara proyek outer ring road dinas PU belum lama ini kok," terangnya.

Sebagaimana diketahui, sejak dilantik menjadi Kajari Pematang Siantar bulan Maret 2022 lalu, kejaksaan hanya menyelesaikan kasus lama yang terjadi pada pembangunan proyek outer ring road Tanjung Pinggir. (*)

Penulis
: Andomaraja Sitio
Editor
: Wilfred/Bantors
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com