Kejari Sibolga Gelar Pemusnahan Barang Bukti 68 Perkara yang Telah Inkracht


472 view
Kejari Sibolga Gelar Pemusnahan Barang Bukti 68 Perkara yang Telah Inkracht
Foto: Net
Ilustrasi

Sibolga (SIB)

Kejaksaan Negeri (Kejari) Sibolga melalui Bidang/Seksi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan (PB3R) menggelar memusnahan barang bukti terhadap perkara yang telah berkekuatan hukum tetap (Inkracht) periode Juni 2023 - Agustus 2023 di halaman Kantor Kejari Sibolga di Jalan Sutomo Sibolga, Jumat (1/12).

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sibolga Syaifful Alam Yuliastana didampingi Kasi PB3R, Kasi Tindak Pidana Umum dan Kasi Tindak Pidana Khusus dalam rilis mengatakan, kegiatan pemusnahan barang bukti merupakan salah satu tugas Jaksa dalam melaksanakan putusan pengadilan.

Menurutnya, barang bukti yang dimusnahkan merupakan hasil pengumpulan dari 68 perkara Tindak Pidana Umum periode Juni 2023 - Agustus 2023.

"Untuk mengantisipasi adanya penyimpangan serta penyalahgunaan barang bukti yang dilakukan oleh oknum/aparat dari kejaksaan sekaligus sebagai salah satu bentuk komitmen

Kejaksaan kepada masyarakat dalam penegakan hukum," katanya seraya menambahkan, pemusnahan barang bukti ini diperkirakan dapat memberi dampak positif terhadap penegakan hukum secara umum dan meminimalisir kemungkinan adanya penggelapan barang bukti.

Berikut rincian barang bukti yang dimusnahkan masing-masing berasal dari 45 perkara Narkotika berupa ganja 307,01 gram dan sabu 47,43 gram, 11 perkara keamanan negara dan ketertiban umum berupa uang palsu dan 12 perkara orang dan harta benda.

Adapun tata cara pemusnahan barang bukti tersebut adalah sabu dengan cara di blender, ganja dan bong, pakaian, kartu domino, nomor judi dan uang palsu dibakar, HP dan senjata tajam digerenda.

Turut hadir Kepala BNN Kabupaten Tapanuli Selatan Kompol Hendro Wibowo, mewakili Polres Sibolga dan Polres Tapteng beserta pimpinan OPD terkait. (**)

Penulis
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com