Kejari Sibolga Kembalikan Aset Pemko yang Dikuasai Pengusaha Perikanan


372 view
Kejari Sibolga Kembalikan Aset Pemko  yang Dikuasai Pengusaha Perikanan
(Foto SIB/Marlon)
FOTO BERSAMA Wali Kota Sibolga Jamaluddin Pohan,  Kajari Sibolga Henri Nainggolan foto bersama pimpinan OPD Pemko Sibolga di depan plang nama "Tanah Ini Milik Pemko Sibolga" usai melakukan pengambilan kembali asset Pemko Sibolga berupa lahan di Jalan Mojopahit Sibolga, Rabu (31/3).
Sibolga (SIB)
Kejari Sibolga mengambil kembali aset Pemko Sibolga berupa lahan seluas 5.5665,25 M2 di Jalan Mojopahit Sibolga yang selama 16 tahun ini dikuasai pengusaha perikanan sebagai pihak ketiga, ditandai kegiatan pengukuran, pemasangan patok batas dan mendirikan plank nama "Tanah Ini Milik Pemko Sibolga," Rabu (31/3).

Selama ini, lahan ini diusahai oleh Tangkahan Ikan UD Budi Jaya dengan aktivitas berupa operasional tangkahan dan menjadi tempat pendaratan kapal penangkap ikan.

Kajari Sibolga, Henri Nainggolan didampingi Kasintel, Robinson Sihombing dan Kasidatun, Lamro Simbolon dalam keterangannya kepada wartawan di lokasi pengambilan aset mengatakan, kegiatan ini merupakan pengembalian aset Pemko Sibolga oleh jaksa pengacara negara (JPN) ke Pemko Sibolga yang dikuasai pihak ketiga.

"Pengambilan dan pengembalian asset Pemko Sibolga sebagai tindak lanjut MoU Pemko Sibolga dengan JPN Kejari Sibolga," katanya.

Menurutnya, selama 16 tahun ini aset tersebut telah dikuasai pihak ketiga.

"Jika ditaksir sesuai NJOP, nilai aset ditaksir sekitar Rp20 miliar," katanya seraya menambahkan selanjutnya JPN Kejari Sibolga menyerahkan aset tersebut kepada Pemko Sibolga.

Proses pengambilan kembali asset Pemko Sibolga yang berlangsung lancar tanpa ada keributan itu turut disaksikan Wali Kota Sibolga Jamaluddin Pohan, Kapolres Sibolga dan pimpinan OPD terkait.

Demikian juga dengan aktifitas tangkahan tidak terganggu selama proses pengembalian aset .
Terpisah, Humas Tangkahan Ikan UD Budi Jaya Yen Henri kepada wartawan mengatakan, pihaknya akan menempuh jalur hukum terkait hal ini.

Menurutnya, lahan ini sudah dikuasai puluhan tahun.
"Pernah digugat termasuk oleh Pemko Sibolga dan kami telah menang hingga di tingkat MA," katanya. (F2/c)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib.com edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com