Terkait Penggunaan Dana Desa

Kejari Simalungun Lakukan Monitoring Jaga Desa


150 view
Kejari Simalungun Lakukan Monitoring Jaga Desa
(Foto: Dok/Intel Kejari Simalungun)
JAGA DESA: Dihadapan Tim Jaksa Jaga Desa dari Kejari Simalungun,  33 orang Pangulu (Kepala Desa) tampak antusias mengikuti acara monitoring jaksa jaga desa di Kantor Camat Tapian Dolok  Simalungun, Selasa (23/11). 
Simalungun (SIB)
Terkait penggunaan Dana Desa yang nilainya mencapai ratusan miliar di Kabupaten Simalungun, jaksa selaku "Jaga Desa " melakukan monitoring terhadap pelaksanaan pembangunan yang diikuti 33 pangulu dari 3 kecamatan yang dipusatkan di Kantor Camat Tapian Dolok, Selasa (23/11).

Hal itu ditegaskan Kajari Simalungun melalui Kasi Intelijen Didi Haryadi SH kepada wartawan, di ruang kerjanya Selasa siang.

"Biarpun TP4D sudah resmi dibubarkan pemerintah, bukan berarti jaksa tidak berwenang melakukan pengawasan terhadap penggunaan Dana Desa, karena jaksa telah ditugaskan selaku "Jaga Desa" kemudian setiap pangulu wajib melaporkan pelaksanaan pembangunan yang bersumber dari Dana Desa kepada jaksa," sebut Didi.

Ditambahkan, jaksa selaku jaga desa wajib melakukan monitoring terhadap pelaksanaan pembangunan fisik maupun kegiatan yang bersumber dari Dana Desa.

Khusus dalam pembangunan proyek-proyek strategis di wilayah hukum Kabupaten Simalungun, jaksa secara otomatis akan turun ke lapangan melakukan pengawasan terkait pelaksanaan pembangunan yang bersumber dari dana APBD, katanya.

Dalam pertemuan itu setiap pangulu (Kepala Desa) juga melaporkan, pelaksanaan pembangunan fisik di tahap kedua pencairan Dana Desa telah mengalami kendala karena faktor curah hujan yang cukup tinggi.

Mudah-mudahan pada pencairan Dana Desa tahap ketiga nanti tidak ada kendala, sehingga pembangunan dapat berjalan sesuai harapan, sebut para pangulu yang hadir di pertemuan itu.

Kemudian terkait pelaksanaan Vaksin Covid -19 di tiga kecamatan itu disebutkan telah mencapai 70 persen warga yang sudah divaksin. (D2/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com