Kejari Simalungun Monitoring Realisasi dan Penerapan Dana Desa


363 view
Kejari Simalungun Monitoring Realisasi dan Penerapan Dana Desa
Foto SIB/Linggom Parhusip
MONITORING : Kejari Simalungun memonitoring penerapan dan realisasi DD 2021 dari tiga kecamatan di Aula Kecamatan Jorlanghataran Jalan Parapat Simalungun, Rabu (1/12).
Tiga Balata (SIB)
Kejaksaan Negeri (Kejari) Simalungun memonitoring realisasi dan penerapan Dana Desa (DD) 2021 di Kecamatan Jorlanghataran, Dolok Panribuan dan Girsang Sipangan Bolon, di Aula Kecamatan Jorlanghataran Jalan Parapat Simalungun, Rabu (1/12).

Mewakili Kepala Seksi (Kasi) Intel Kejari Simalungun D Haryadi, David Siregar dan F Sinaga menyampaikan tujuan kunjungan Kejari Simulungun untuk menindak lanjuti program siaga desa yang berfungsi untuk memonitoring dan mengawasi realisasi dan penerapan DD 2021 di setiap desa di Simalungun.

Hariadi menyampaikan, hasil paparan dan laporan realisasi DD 2021 dari 13 kecamatan di Simalungun bervariasi, sebagian pemerintahan desa masih tahap pencairan DD tahap III dan tahap penyelesaian pekerjaan fisik.

Disampaikannya, hingga saat ini para pemerintahan desa dominan menyampaikan terkendala akibat cuaca yang buruk sehingga tidak dapat menyelesaikan pekerjaan fisik dan harga satuan material mengalami peningkatan sehingga berbeda dengan Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang disusun pemerintahan desa sebelumnya hingga pembangunan ditunda.

"Kita menyarankan agar kepala desa mengambil kebijaksanaan untuk mengerjakan fisik desa di akhir tahun 2021. Jangan hanya karena mengejar realisasi dan mengejar penyelesaian administrasi DD 2021 hasil pekerjaannya tidak berkualitas, ini harus dihindari agar tidak tersandung hukum," ujar Hariadi.

Selain memonitoring dan mengawasi realisasi DD, Hariadi mengatakan tujuan kehadiran Kejari Simalungun di setiap kecamatan juga untuk mengawasi program vaksinasi."Sesuai pemaparan para kepala desa, persentase vaksinasi telah mencapai 80 persen dan sebagian telah mencapai 90 persen di setiap desa. Kita meminta agar kepala desa jemput bola dan mengajak warganya untuk segera divaksin," katanya.

Acara dihadiri, Camat Jorlanghataran, Maryaman Samosir, Camat Dolok Panribuan Septiman Purba dan Kasi Trantip Girsang Sipangan Bolon, Nelson Sinaga dan para kepala desa. (D9/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com