Kejari Simalungun Mulai Berlakukan Tuntutan Rehabilitasi Bagi Pecandu Narkotika


209 view
Kejari Simalungun Mulai Berlakukan Tuntutan Rehabilitasi Bagi Pecandu Narkotika
Foto: Internet
Ilustrasi rehabilitasi pecandu narkoba.
Simalungun (SIB)
Kejaksaan Negeri Simalungun mulai berlakukan tuntutan rehabilitasi terhadap pengguna narkotika. Jika faktanya memang menggunakan, barang bukti 0,0 dan ada surat dari Tim Assasement Terpadu (TAT), maka pelaku bisa dituntut agar direhabilitasi.

Hal itu berdasarkan pedoman No.11 tahun 2021, dan tuntutan tersebut bukan dari Kejari Simalungun, tapi direntut ke Kejati Sumut dengan lebih dulu diekspos ke Aspidum.

Demikian dijelaskan Kajari Bobbi Sandri SH MH melalui Kasi Pidum Irvan Maulana SH MH, menjawab pertanyaan wartawan, Kamis (27/1) di ruang kerjanya.

Dalam perkara narkotika, sudah 2 pelaku dituntut agar direhabilitasi selama 6 bulan di Yayasan Rehabilitasi Sungai Jordan Perdagangan, Kabupaten Simalungun.

Terdakwa M Rizky Rajagukguk als Kiki (24), warga Jalan Stadion Kelurahan Perdagangan I Kecamatan Bandar, terbukti menggunakan sabu bagi diri sendiri karena menderita penyakit epilepsi. Dipersalahkan melanggar pasal 127 (1) huruf a UU RI No 35/2009 tentang Narkotika.

"Terbukti menggunakan narkotika bagi diri sendiri," kata Jaksa Fransiska Sitorus SH di sidang online Pengadilan Negeri Simalungun, Kamis (27/1).

Menurut JPU, terdakwa ditangkap dari dalam kamar kos milik Hardi Prayoga di kompleks Stadion Kelurahan Perdagangan pada Rabu, 23 Juni 2021. Terdakwa bermaksud mengajak Hardi Prayoga menggunakan sabu.

Saat baru saja duduk di dalam kamar, langsung digerebek personel Polres Simalungun. Saksi Fernando Nababan, Efraim Purba, Leonard Silalahi menyita sepaket sabu 0,04 gram dari selipan kasur dekat dinding kamar, kaca pirex dan pipet.

Jaksa sebelumnya juga menuntut rehabilitasi selama 6 bulan terhadap Sofi Fahrudin Ginting (41).

Menanggapi tuntutan jaksa tersebut, kedua terdakwa yang disidangkan secara terpisah masih memohon kepada hakim agar hukumannya diringankan.

Majelis hakim Mince Ginting SH MKn, Aries Ginting SH dan Dessy Ginting SH menunda persidangan hingga Selasa (8/2) mendatang. (D2/a)

Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com