Ketua DPRD SU Dukung Kapolda Siapkan Sistem Pengamanan di Kawasan Danau Toba

Kembangkan Danau Toba Tidak Bisa Hanya Melalui Pembangunan Fisik, Harus Dibarengi SDM


218 view
Kembangkan Danau Toba Tidak Bisa Hanya Melalui Pembangunan Fisik, Harus Dibarengi SDM
(Foto Dok/Baskami).
Bertemu: Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting dalam satu kesempatan di Medan  bertemu dengan Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak. 
Medan (SIB)
Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting mendukung sikap Kapolda Sumut Irjen Panca Putra Simanjuntak yang telah mempersiapkan sistem pengamanan dalam percepatan kawasan Danau Toba sebagai Destinasi Wisata Dunia, demi kenyamanan kunjungan wisatawan ke objek wisata kebanggaan Sumut itu.

"Sistem pengamanan yang telah dipersiapkan Pak Kapolda Sumut dengan menempatkan polisi pariwisata, penguatan personel dan sarana prasarana Polisi Perairan, Brimob dan Bhabinkamtibmas di objek-objek wisata kawasan Danau Toba sangat kita apresiasi. Dengan sistem ini tentu sangat menjamin keamanan dan kenyamanan para wisatawan," ujar Baskami Ginting kepada wartawan, Minggu (4/7) melalui telepon di Medan.

Hal itu diungkapkan Baskami Ginting menanggapi pernyataan Kapolda Sumut pada rapat kerja bersama dengan BPODT (Badan Pelaksana Otorita Danau Toba) di Kabupaten Toba, Sabtu (3/7) yang menitikberatkan tentang persiapan sistem pengamanan di kawasan Danau Toba sebagai Kawasan Destinasi Wisata Dunia.

Ditambahkan Baskami, keseriusan Polda Sumut untuk menjamin keamanan para wisatawan ke Danau Toba, telah dibuktikannya dengan membangun Pos Polisi Pariwisata di Ajibata serta penambahan sarana prasarana lainnya, sehingga Danau Toba yang dicanangkan pemerintah sebagai KSPN (Kawasan Strategis Pariwisata Nasional) benar-benar sukses.

Berkaitan dengan itu, Baskami mengajak seluruh kepala daerah maupun elemen masyarakat yang berada di kawasan Danau Toba agar ikut mendukung program pemerintah menyukseskan KSPN sekaligus bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan Danau Toba, sehingga keindahannya dapat terus dinikmati hingga generasi mendatang.

"Kita harus bangga memiliki Danau Toba yang menyimpan sejumlah pesona alam yang cukup indah dan Danau Toba ini milik kita bersama yang harus kita jaga bersama," harap Baskami sembari mengajak seluruh kepala daerah di kawasan Danau Toba tetap satu bahasa mengembangkan objek wisata tersebut, agar semakin diminati wisatawan lokal maupun mancanegara.

Diakui politisi PDI Perjuangan Sumut itu, pengembangan kawasan wisata Danau Toba tidak bisa dilakukan hanya melalui pembangunan fisik, namun harus dibarengi dengan persiapan SDM (Sumber Daya Manusia) dan edukasi kepada masyarakat, tentang tata cara bagaimana agar wisatawan betah berlama-lama di Danau Toba, sehingga secara otomatis ikut mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar.

"Mental dan kesadaran masyarakat untuk sama-sama menjaga lingkungan serta menciptakan suasana yang aman dan nyaman juga harus dibangun dalam mengembangkan wisata Danau Toba. Kita tidak cukup hanya mengandalkan pengamanan dari aparat keamanan, tapi harus saling bahu-membahu, sehingga Danau Toba semakin diminati masyarakat," ujar Baskami.(A4/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com