Minggu, 23 Juni 2024 WIB

KemenPAN-RB Respon Usulan Pemkab Simalungun Terkait 5 Ribu Tenaga Honorer Diangkat Menjadi P3K

Redaksi - Minggu, 12 Maret 2023 19:37 WIB
715 view
KemenPAN-RB Respon Usulan Pemkab Simalungun Terkait 5 Ribu Tenaga Honorer Diangkat Menjadi P3K
Foto: Ist/harianSIB.com
Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Simalungun, Serubabel Saragih. 
Simalungun (harianSIB.com)
Kurang lebih 5 ribu tenaga honorer di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun telah diusulkan untuk diangkat menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) di tahun 2023.
Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Simalungun, Serubabel Saragih mengatakan, usulan tersebut mendapat respon positif dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).
"Mayoritas tenaga honorer merupakan tenaga pendidikan atau ada sekitar 3 ribu guru honorer yang diusulkan menjadi P3K. Selain guru, ada juga tenaga kesehatan sekira seribu orang dan hampir seluruh tenaga honorer di lintas OPD (Organisasi Perangkat Daerah)," urai Serubabel, Minggu (12/3/2023).
Menurutnya, KemenPAN-RB telah menyiapkan dana lebih kurang Rp 6 miliar untuk gaji P3K yang akan diangkat dari tenaga hononer di lingkungan Pemkab Simalungun.
Namun, katanya, belum diketahui secara pasti apakah nanti KemenPAN-RP melakukan seleksi tenaga honorer untuk diangkat menjadi P3K atau pengangkatan langsung menjadi P3K.
"Kita belum tahu apakah seleksi atau pengangkatan langsung. Ini masih tahap evaluasi di KemenPAN-RB. Tapi, pusat sudah berjanji menyiapkan dana sekira Rp 6 miliar untuk gaji P3K di tahun 2023 ini untuk Kabupaten Simalungun," ujarnya.
Menurutnya, kebutuhan P3K sudah cukup mendesak untuk dipenuhi di Simalungun. Pasalnya, ratusan Pegawai Negeri Sipil (PNS) menjalani masa pensiun setiap tahunnya.
"Tahun 2022 yang lalu, ada sekitar 600 PNS di Pemkab Simalungun yang menjalani masa pensiun. Lama-lama nanti bakal habis PNS jika tidak ada penerimaan PNS," ungkapnya. (*)

Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Sejumlah Ruas Jalan Tergenang Air Saat Hujan, Pemkab Simalungun Lanjutkan Pembangunan Drainase
3000 Paket Sembako Habis Terjual Selama Operasi Pasar Murah Pemkab Simalungun
Antisipasi Krisis Pangan Jilid 2, Pemkab Simalungun Minta Pemerintah Pusat Tambah Kuota Pupuk dan Bibit Unggul
Bupati Simalungun Lantik 33 Pejabat Administrator dan Pengawas
Terima Penghargaan dari Ombudsman, Pemkab Simalungun Diminta Tingkatkan Pelayanan
Kapolres Siap Amankan Program Pembangunan Pemkab Simalungun
komentar
beritaTerbaru