Miliki Potensi Pertanian dan Perikanan

Kemendag Berencana Bangun Food Station dan Cold Strage di Batubara


200 view
Kemendag Berencana Bangun Food Station dan Cold Strage di Batubara
Foto: Dok/Kominfo Batubara
KAIN SONGKET: Bupati Batubara memakaikan kain songket kepada Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, Jumat (9/4) diaula rumah dinas Bupati.
Batubara (SIB)
Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga mengunjungi Kabupaten Batubara, Jumat (9/4). Dia beserta rombongan disambut Bupati Zahir di aula rumah dinas.

Agenda kunjungan Wamendag itu membahas badan pengawasan perdagangan berjangka komoditi dan tindaklanjut potensi pelaksanaan sistem resi gudang (SRG).

Jerry Sambuaga menyebutkan, pihaknya berencana membangun SRG di Kabupaten Batubara untuk komoditi beras, cabai dan ikan hasil laut melalui anggaran Kementerian Perdagangan tahun 2022.

Kata dia, potensi SRG di daerah ini pantas didukung. Untuk komoditi beras dalam kegiatan food station akan dibangun di Desa Kuala Gunung, Kecamatan Datuk Limapuluh. Sementara, SRG untuk komoditi ikan dalam bentuk cold storage akan dibangun di Desa Bandar Rahmat, Kecamatan Tanjung Tiram.

Menurutnya, sistem resi gudang merupakan instrumen yang memberdayakan petani, dimana komoditi yang dihasilkan mampu memberikan nilai ekonomis dalam bentuk nilai penjamin, yang dapat dipergunakan untuk memperoleh kredit dari bank dan lembaga keuangan non- bank.

"Kalau kita lihat potensi komoditas di Kabupaten Batubara cukup luar biasa, seperti gabah dan cabai, namun kita harus saling bekerjasama dengan pemerintah daerah, maka bisa kita lakukan pembangunan gudang dan diolah swasta dengan bekerja-sama pihak bank," sebut Jerry.

Sementara itu, Bupati Batubara Zahir mengatakan, daerah ini memiliki potensi di bidang Industri, di bidang pertanian dan perikanan. Meskipun pertanian dan perikanan memiliki produksi yang besar, tetap saja petani serta nelayan belum sejahtera, karena adanya para tengkulak dan pasar yang belum memenuhi kapasitas yang baik.

Dengan kedatangan Wakil Menteri Perdagangan ini, lanjut Zahir, semua permasalahan yang terjadi dibidang pertanian, perikanan maupun pasar mudah-mudahan dapat teratasi, dengan harapan para petani dan nelayan semakin sejahtera, sehingga perekonomian masyarakat Batubara semakin membaik. (E7/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com