Kemenhub dan PNBP Kemenkeu Sahuti Desakan Organda dan Kesper untuk BTS Berbayar


127 view
Kemenhub dan PNBP Kemenkeu Sahuti Desakan Organda dan Kesper untuk BTS Berbayar
Foto Dok
Djumongkas Hutagaol
Medan (SIB)
Terkait desakan Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kota Medan dan Kesper, agar angkutan massal transportasi umum program buy the service (BTS) berbayar di Kota Medan, direspon pihak Kementerian Perhubungan RI dengan melakukan rapat bersama Direktorat Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Lembaga Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Hal itu dikatakan Direktur PT Medan Bus Djumongkas Hutagaol selaku pengelola angkutan massal BTS Kota Medan melalui pesan WhatsApp, Minggu (11/7).

Dijelaskan, dari hasil rapat dengan Direktorat PNBP Kemenkeu, PNBP BTS bukan termasuk yang mendesak, sehingga perlu menunggu revisi Peraturan Pemerintah (PP) PNBP yang sudah terbit.

Sehingga dengan keluarnya revisi PNBP, selanjutnya Kemenhub akan memberlakukan kontrak dengan operator, untuk menarik ongkos sesuai ketetapan tarif dan target PNBP. "Hasil apresial yang dilakukan Tim Independen akan diatur di dalam kontrak nantinya," ujar Djumongkas.

Operator PKS yang dihunjuk akan mempersiapkan sistem transaksi pebayaran secara online yang rencananya menggunakan transaksi payment gateway (PG), untuk meminimalkan kebocoran setoran Pendapatan Negara Bukan Pajak tersebut, dengan pengetatan self assesment (penilaian sendiri) yang langsung akan dilakukan PG.

Jika metode pembayaran nantinya memakai QR Code dari Aplikasi Teman Bus, akan lebih meminimalkan selisih penyelesaiannya.

Karena itu, Djumongkas mengharapkan dukungan Pemkab/Pemko maupun Provinsi agar operasional BTS tetap berjalan lancar karena hal itu sesuai amanah PM No.9/2020 sebagai program stimulus untuk masyarakat kembali ke angkutan umum terutama angkutan massal perkotaan.

Apalagi nantinya infrastruktur pendukung akan dibantu oleh World Bank mulai tahun 2022. Pastinya Kota Medan akan menjadi Kota Metropolitan yang maju, rapi dan bisa menggerakkan orang kaya bisa naik angkutan umum. (A13/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com