Koordinator Komisi I DPRD Pematangsiantar

Kemenkes Alokasikan DAK Rp 23 Miliar di APBN 2022 untuk Kebutuhan Dinkes dan RSUD Djasamen Saragih


137 view
Kemenkes Alokasikan DAK Rp 23 Miliar di APBN 2022 untuk Kebutuhan Dinkes dan RSUD Djasamen Saragih
Foto Dok
Darwin Tampubolon SH
Pematangsiantar (SIB)
Pemerintah Pusat c/q Kementerian Kesehatan siap membantu Rp 23 miliar melalui DAK (Dana Alokasi Khusus) dari APBN tahun 2022 untuk menambah fasilitas kesehatan (Faskes) milik Dinas Kesehatan dan untuk kebutuhan RSUD Djasamen Saragih.

Pengucuran anggaran itu adalah hasil perjuangan DPRD dan TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah) ke pemerintah pusat, sehingga DAK di APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Nasional) tahun 2022 dialokasikan Rp 23 miliar. Kucuran DAK dari APBN itu akan semakin afdol, jika ditambah bantuan dari APBD provinsi dan APBD Kota Pematangsiantar.

“Kucuran DAK dari APBN tahun 2022, untuk penambahan fasilitas kesehatan (Puskesmas) di Dinas Kesehatan dan pengadaan peralatan serta penambahan ruang ICU di RSUD Djasamen Saragih, dalam kaitan peningkatkan pelayanan, bagi pasien rawat inap,” kata Ronald Darwin Tampubolon SH, Koordinator Komisi I DPRD Pematangsiantar kepada SIB, Jumat (22/10).

Komisi I DPRD Pematangsiantar (bidang pemerintahan, kesehatan, hukum), usai kunjungan kerja ke RSUD Djasamen Saragih, mencatat hal-hal krusial, sangat dibutuhkan menyangkut fasilitas kesehatan dan penambahan ruangan ICU. “Laporan resmi hasil kunker itu disampaikan ke pimpinan DPRD,” sebut Ronald Tampubolon yang juga Wakil Ketua DPRD Pematangsiantar.

Sebagaimana diberitakan, dr Maya Damanik Mars sebaik dipercayai menjabat Plt Dirut RSUD Djasamen Saragih, proaktif melakukan pembenahan secara internal, baik kualitas pelayanan publik terhadap pasien yang berobat/ dirawat.

Dalam perbincangan dengan wartawan SIB belum lama ini, dr Maya Damanik mengeluhkan, keterbatasan fasilitas kesehatan, termasuk penambahan ruangan ICU, untuk urgensi perawatan intensif pasien. Dengan kucuran anggaran DAK dari APBN tahun 2022 itu, maka upaya memenuhi kebutuhan fasilitas kesehatan di RSUD Djasamen Saragih levelitas type B, sebagai rumahsakit rujukan untuk lima kabupaten/kota, optimis bisa terpenuhi. (D1/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com