Jumat, 14 Juni 2024 WIB
Rakor Pengembangan Layanan Kesehatan di KSPN Danau Toba

Kemenparekraf dan Kemenkes RI Siap Dukung Pengembangan RSUD Parapat

Redaksi - Sabtu, 08 April 2023 18:07 WIB
356 view
Kemenparekraf dan Kemenkes RI Siap Dukung Pengembangan RSUD Parapat
Foto SIB/Linggom Parhusip
RAKOR: Dirut RSUD Parapat dr Henry Jimmy Gultom Rakor virtual di RSUD Parapat, Kecamatan Girsang Sipanganbolon, Simalungun dengan Kemenparekraf dan Kemenkes RI RSUD Parapat, terkait pengembangan layanan kesehatan di KSPN Danau Toba, Kamis (6/4).&
Parapat (SIB)
Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI siap mendukung pengembangan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Parapat agar mutu pelayanan kesehatan di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba, Parapat, Kecamatan Girsang Sipanganbolon, Simalungun lebih berkualitas.

Demikian disampaikan Staff Kemenparekraf Harwan saat Rapat Koordinasi membahas layanan kesehatan KSPN Danau Toba dengan Kemenkes RI bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Dinkes Kabupaten Simalungun dan Direktur RSUD Parapat secara virtual, Kamis (6/4).

Dalam Rakor tersebut, Harwan menyampaikan, pada prinsipnya Kemenparekraf mendukung rencana pengembangan dan peningkatan kelas RSUD Parapat yang saat ini masih type D agar menjadi type C karena lokasinya strategis di KSPN Danau Toba sehingga dapat memberikan layanan kesehatan yang maksimal pada masyarakat dan wisatawan.

"Semakin berkualitasnya layanan kesehatan merupakan salah satu jaminan keamanan (safety) bagi wisatawan dan akan dapat meningkatkan kelas Destinasi Pariwisata Danau Toba ini," ujarnya.

Ia meminta seluruh stakeholder saling berkoordinasi untuk mendukung pengembangan RSUD Parapat agar dapat ditingkatkan, minimal rumah sakit type C dan selanjut ke type B sehingga memiliki fasilitas sarana-prasarana kesehatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di KSPN Danau Toba.

"Bila dibutuhkan, kita akan mengeluarkan surat rekomendasi untuk meminta dukungan dari Kemenkes RI bagaimana untuk meningkatkan fasilitas kesehatan di RSUD Parapat dan secara umum di seluruh Kawasan Strategi Pariwisata di Indonesia," ujarnya.

Sementara itu Direktorat Fasilitas Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI, dr Aswan Usman dan Direktorat Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI, Prima, menyampaikan, mendukung rencana pengembangan RSUD Parapat dan siap memfasilitasi sarana dan prasarana sehingga mutu pelayanan kesehatan di KSPN Danau Toba dapat ditingkatkan.[br]


Direktur RSUD Parapat, dr Henry Jimmy Gultom berterimakasih kepada Kemenparekraf dan Kemenkes RI serta Dinas Kesehatan Provsu dan Kabupaten Simalungun karena telah mendukung pengembangan RSUD Parapat menjadi rumah sakit yang dipercaya melayani kesehatan di KSPN Danau Toba.

"Lokasi RSUD Parapat tidak mungkin dapat dikembangkan karena terletak di samping Ruang Terbuka Publik (RTP) Pantai Bebas Parapat dan kena sempadan Danau Toba. Kita berharap RSUD Parapat direlokasi agar dapat dikembangkan menimal ke type C," ujar Jimmy kepada peserta zoom di ruang kerjanya.

Jimmy berharap dan meminta agar RSUD Parapat direlokasi ke lokasi ex RSUD Parapat sebelumnya karena memilki lahan yang luas dan status lahan sudah sertifikat serta merupakan aset Simalungun.(D9/c)





Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
3.883 Kasus TB/TBC di Kota Medan Sedang Diobati
DPRD SU Desak Kemenkes RI dan Dinkes Gerak Cepat Antisipasi Mewabahnya Kasus Malaria di Nisel
Waspada, Kasus Flu Singapura di Indonesia Mulai Meningkat
Pj Bupati Palas Sampaikan Proposal Desa Wisata ke Kemenparekraf
RSUD Parapat Dibangun Berbiaya Rp 40 M, Nantinya Layani Pasien Kanker hingga Stroke
RS Adam Malik Lakukan Operasi Transplantasi Ginjal Pasien Keenam
komentar
beritaTerbaru