Kemensos Salurkan Bantuan Kearifan Lokal ke Karo


272 view
Kemensos Salurkan Bantuan Kearifan Lokal ke Karo
Foto: Dok/Pusen Sinulingga
SANGGAR SENI: Sanggar Seni Nggara Simbelin di Desa Budaya Lingga, Rabu (29/12).

Karo (SIB)

Kementerian Sosial melalui Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS) menyalurkan bantuan Program Kearifan Lokal di Kabupaten Karo.


Bantuan Kearifan Lokal ini sebesar Rp 50 juta disalurkan ke Sanggar Seni Nggara Simbelin di Desa Budaya Lingga, Kabupaten Karo. Dan diterima Pusen Sinulingga yang akrab dipanggil Simpei Sinulingga selaku pendiri dan Ketua Sanggar Seni Nggara Simbelin di Desa Budaya Lingga di Kantor Dinas Sosial Kabupaten Karo di Kabanjahe, Rabu (29/12).


Kadis Sosial Kabupaten Karo, Benyamin Sukatendel mengatakan bantuan kearifan lokal untuk mencegah radikalisme dan meningkatkan ketahanan masyarakat dengan merawat kearifan lokal.


Hal ini katanya, sesuai dengan amanat UU Nomor 07 Tahun 2012 tentang Penanganan Konflik Sosial, Kementerian Sosial hadir untuk menjaga dan merawat harmonisasi kebangsaan.


"Kiranya bantuan ini dapat meminimalisir serta mencegah konflik sosial sehingga menciptakan harmonisasi kebangsaan," ungkapnya.


Ia menambahkan, mekanisme pengajuan bantuan dilakukan oleh Pemerintah Desa kepada Dinas Sosial Kabupaten/Kota. Setelah itu melalui rekomendasi Pemerintah Provinsi kemudian dapat diusulkan ke Kementerian Sosial.


Pusen Sinulingga selaku mengatakan pihaknya akan memanfaatkan bantuan Kearifan Lokal ini sebagaimana peruntukannya.


Ia menjelaskan, sanggar seni ini didirikan tahun 2014 dan berbadan hukum.Adapun sasaran yang dicapai agar generasi muda tidak terjerumus penyakit sosial. "Dan telah mengikuti berbagai event dan festival tingkat Provinsi dan Nasional," ungkapnya. (BR2/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com