Antisipasi Bencana Longsor Libur Nataru 2022

Kementerian PUPR Siapakan Alat Berat di Jalur Jalinsum Parapat-Medan


363 view
Kementerian PUPR Siapakan Alat Berat di Jalur Jalinsum Parapat-Medan
(ANTARA/Septianda)
Pengendara melintasi Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) tepatnya di Desa Sibaganding Kecamatan Girsang Simpa­ngan Bolon, Parapat, Simalungun dengan latar sisa material longsor yang sewaktu-waktu bisa mencelakai, Jumat (17/5/2019). 

Parapat (SIB)

Mengantipasi bencana longsor di jalur arus mudik Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Parapat-Medan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyiapkan alat berat dan dump truk.


Demikian disampaikan Koordinator Lapangan Jalinsum Parapat Kementerian PUPR A Pakpahan di Parapat Kecamatan Girsang Sipanganbolon Simalungun, Jumat (25/11).


Dikatakan Pakpahan, setiap tahun Kementerian PUPR rutin meyiapkan satu alat berat excavator dan beberapa unit dump truk untuk mengantisipasi bencana longsor di sepanjang Jalinsum Parapat, agar arus mudik dan arus balik di setiap Nataru lancar.


"Selain alat berat dari Kementerian PUPR, alat berat milik rekanan pekerjaan Jalinsum Parapat dan pihak perusahaan swasta juga selalu standby di beberapa lokasi rawan longsor di lokasi Jalinsum Parapat tertentu, karena jalur utama menuju beberapa kabupaten/kota," katanya.


Pakpahan menambahkan, pihaknya juga saat ini sedang membenahi Jalan Lingkar Luar Parapat, dari Simpang Palang Kecamatan Dolok Panribuan-Simpang Sitahoan Simalungun, agar layak dilalui kendaraan untuk jalur rekayasa arus lalulintas menuju Kota Wisata Parapat dan pembenahan jalan diperkirakan akan rampung sebelum libur Natal 2022. (D9/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com