Kenaikan Harga BBM Memicu Naiknya Tarif Angkot dan Aneka Makanan di Pematangsiantar


143 view
Kenaikan Harga BBM Memicu Naiknya Tarif Angkot dan Aneka Makanan di Pematangsiantar
Foto : Dok. Otomotif
Ilustrasi.

Pematangsiantar (SIB)

Kenaikan harga BBM bersubsidi yang mulai diberlakukan awal September 2022 lalu, berdampak pada kenaikan tarif angkutan kota (Angkot) dan aneka makanan/minuman olahan, yang diperjualbelikan di pasar-pasar tradisional dan modern di Pematangsiantar, Selasa (4/10).

Menurut Santi, seorang pedagang makanan dan minuman olahan, saat ini harga aneka makanan dan minuman olahan yang dijualnya mengalami kenaikan berkisar Rp 1.000-Rp 2.000, karena naiknya harga BBM, baik solar maupun pertalite. Harga jual bahan-bahan pendukungnya naik, sehingga berpengaruh pada harga jual produk olahan.

"Sebenarnya saya berat untuk menaikkan harga aneka minuman dari sebelumnya hanya berkisar Rp 5.000 menjadi Rp 6.000, juga dengan gorengan dari Rp 1.000 menjadi Rp 1.500 dan lainnya, namun terpaksa menaikkan harga jual, agar usaha bisa bertahan," ujarnya.

Sementara itu, menurut Lina warga lainnya, kenaikan harga BBM sangat dikeluhkan karena menyebabkan tarif Angkot naik dari sebelumnya hanya Rp 4.000 menjadi Rp 5.000 dan aneka kebutuhan lainnya pun turut naik. Sehingga terasa sangat membebani dan menambah besar biaya pengeluaran. Namun dirinya hanya bisa berharap harga aneka kebutuhan yang diperjualbelikan di pasar dapat turun, agar dapat semakin terjangkau masyarakat. (D3/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com