Kendaraan Dinas Pemkab Labusel Banyak Rusak


146 view
Kendaraan Dinas Pemkab Labusel Banyak Rusak
Foto Istimewa
Ilustrasi mobil dinas
Kotapinang (harianSIB.com)
Pemkab Labuhanbatu Selatan (Labusel) terkesan tidak mengurus aset, khususnya kendaraan dinas. Pasalnya, sejumlah kendaraan dinas baik mobil dan sepeda motor yang dibeli menggunakan APBD itu, kini kondisinya rusak, pajak mati, bahkan beberapa unit tidak diketahui keberadaannya.

Informasi yang dihimpun wartawan, Senin (18/10/2021), sejumlah mobil dinas yang rusak dan tidak dapat digunakan sama sekali, di antaranya satu unit Mitsubishi Triton di Dinas Lingkungan Hidup, satu unit Toyota Avanza di Dinas Pendidikan, satu unit Toyota Innova di Sekretariat Daerah, dan lain-lain. Tidak jelas apa penyebab mobil-mobil tersebut rusak dan tidak diperbaiki, padahal biaya pemelehiaraan kendaraan setiap tahunnya tertampung dalam APBD.

Tidak hanya itu, sejumlah kendaraan dinas milik Pemkab Labusel juga diketahui banyak yang menunggak pajak. Padahal, setiap tahun biaya pajak untuk kendaraan dinas dianggarkan.

Kepala Bidang Aset Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Pemkab Labusel, Awal Pulungan yang dikonfirmasi wartawan, membenarkan hal tersebut. Menurutnya, berdasarkan data terakhir yang ada pada mereka, saat ini terdapat 42 unit kendaraan baik mobil maupun sepeda motor yang tidak dapat digunakan karena rusak.

Begitu juga dengan kendaraan dinas yang pajaknya tertunggak. Menurutnya, sejumlah kendaraan dinas tersebut pajaknya belum dibayarkan oleh masing-masing instansi.

Namun ia mengaku tidak tahu penyebab kendaraan tersebut tidak diperbaiki maupun pajak yang tidak dibayarkan. Sebab kata dia, biaya pemeliharaan dan pajak kendaraan ada pada masing-masing OPD.

"Untuk pemeliharaan dan pajak kendaraan anggarannya sudah dialokasikan pada masing-masing OPD. Kami (DPKAD) hanya mendata dan penyimpanan dokumen kepemilikan kendaraan," katanya. (*)

Penulis
: Rudi Afandi Simbolon
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com