Kamis, 30 Mei 2024 WIB

Kendaraan di Pelabuhan Ajibata Padat, Jadwal Penyeberangan 2 KMP Ditambah

Redaksi - Selasa, 09 April 2024 12:37 WIB
748 view
Kendaraan di Pelabuhan Ajibata Padat, Jadwal Penyeberangan 2 KMP Ditambah
Foto SIB/Linggom Parhusip
MONITOR: Kepala Koordinator Pelabuhan Wilayah Ajibata, Carter Panggabean memonitoring kepadatan kendaraan di Dermaga KMP Ihan Batak, Kabupaten Toba, Senin (8/4/2024).
Ajibata (harianSIB.com)

H-2 Lebaran 2024, kendaraan yang hendak menyeberang ke Pulau Samosir melalaui Pelabuhan Ajibata, Kabupaten Toba mulai padat dan jadwal Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Porapora dan Ihan Batak ditambah hingga 12 trip setiap harinya.

Hal itu disampaikan Koordinator Wilayah Pelabuhan Ajibata, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Penyeberangan (KSOPP), Carter Panggabean di Dermaga KMP Ihan Batak Ajibata, Kabupaten Toba, Senin (8/4/2024).

Dikatakan, H-2 Lebaran 2024, antrean kendaraan untuk menyeberang ke Pulau Samosir melalui pelabuhan Ajibata sudah terpantau padat dan untuk jadwal penyeberangan KMP Ihan Batak dan Porapora ditambah 12 trip yang biasanya hanya 8 trip setiap harinya.

Untuk waktu penyeberangan, kata Panggabean, KMP Ihan Batak dan Porapora mulai beroperasi 07.30 WIB hingga 21.15 WIB setiap harinya. "Tetapi waktu pelayaran khusus Lebaran 2024 bisa ditambah melihat situasi penumpang apakah masih banyak yang belum diberangkatkan dari pelabuhan," ujar Carter.

Terkait dengan harga tiket penyeberangan, kata Carter tidak ada kenaikan harga. "Harga tiket kapal penyeberangan satu trip perjalanan masih biasa, untuk Mini Bus Rp 232.700 sudah termasuk seluruh penumpangnya. Harga Tiket bus atau truk roda enam Rp 422.900. Sepeda motor dan pengemudi serta penumpangnya Rp 40.000," tambahnya.

Lanjut Panggabean, jumlah kendaran yang dapat diangkut KMP Ihan Batak sebanyak 32 unit kendaraan mini bus dan KMP Porapora 22 kendaraan sekali perjalanan.

Disampaikannya, pembelian tiket jasa penyebrangan KMP Ihan Batak dan Porapora melalui online dan dihimbau agar pengguna jasa tiba di pelabuhan sejam sebelum jadwal keberangkatan yang tertera sesuai pesanan tiket.

Di tempat terpisah, amatan wartawan di Pelabuhan Swasta KMP Tao Toba Ajibata juga terpantau padat. Terlihat antrean kendaraan yang hendak menyeberang ke Pulau Samosir tampak sudah parkir memanjang di badan jalan Ajibata.(**)


Editor
: Bantors Sihombing
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Jalan Provinsi Menuju Danau Toba Tigaras Hancur Lebur
Preservasi Ruas Jalan Lingkar Luar Parapat Rp 80 M Terkendala Pembebasan Lahan
Breaking News: Presdir PT HDTI Johny Pardede Meninggal Dunia di Jakarta
Lari Lintas Alam “Trail of The Kings” di Danau Toba Diikuti Pelari dari 12 Negara Sukses
Pohon Tumbang di Jalinsum Parapat, Pengendara Berboncengan dan Balita Tertimpa
2.000 Anggota AFC Life Hadiri ‘Spirit of Samurai’ IV, Hotel-hotel di Parapat Penuh
komentar
beritaTerbaru