Kepala Desa di Simalungun Diminta Proaktif Mendata Warga Tidak Mampu


262 view
Kepala Desa di Simalungun Diminta Proaktif Mendata Warga Tidak Mampu
Foto: Ist/harianSIB.com
Anggota DPRD Simalungun, Esron Simbolon

Simalungun (SIB)

Kepala Desa (Pangulu Nagori) diminta proaktif mendata warga yang tidak mampu di Kabupaten Simalungun, agar bisa didaftarkan sebagai peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang iurannya ditanggung pemerintah, melalui program Jaminan Kesehatan Nasional dari Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.


Anggota DPRD Simalungun, Esron Simbolon menyampaikan informasi tersebut kepada wartawan melalui telepon selulernya, Sabtu (12/2) menanggapi adanya salah satu warga mengalami luka bakar karena keterbatasan ekonomi keluarga sehingga tidak sanggup menanggung biaya di rumah sakit dan memutuskan untuk melakukan perobatan di rumah dengan mengolesi minyak dan bantuan infus.


Menurut Esron, sekarang ini warga tidak mampu bisa memanfaatkan program Jaminan Kesehatan Nasional dari Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan guna mendapatkan fasilitas kesehatan melalui Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang iurannya dibayar oleh pemerintah.


Oleh karenanya diharapkan peran aktif kepala desa beserta perangkat desa melakukan pendataan bagi warga tidak mampu.


Data warga diserahkan ke Dinas Sosial maupun ke Dinas Kesehatan agar didaftarkan sebagai peserta PBI, ujarnya. (D4/a)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com