Kepala Inspektorat Belum Audit Pengguna Anggaran BTT Penanganan Covid-19 Tahun 2020


134 view
Kepala Inspektorat Belum Audit Pengguna Anggaran BTT Penanganan Covid-19 Tahun 2020
f:ist/mistar
Kepala Inspektorat Kabupaten Dairi Budianta Pinem.
Sidikalang (SIB)
Kepala Inspektorat Kabupaten Dairi, Budianta Pinem didampingi anggota Auditor Khusus, Arjun Nainggolan menegaskan, akan melakukan audit khusus jika ada dugaan indikasi penyimpangan penggunaan anggaran belanja tidak terduga (BTT) penanganan Covid-19.

Budianta Pinem dan Arjun Nainggolan dikonfirmasi wartawan, Kamis (16/9) di ruangannya mengatakan, terkait penggunaan dana BTT yang diplot di Satuan Polisi Pamong Praja Rp 3,3 miliar lebih tahun anggaran 2020, belum dilakukan audit.

Katanya, terkait penggunaan BTT penanganan Covid-19, karena penanggulangan bencana dan ada regulasi mengamanatkan, semua keputusan dalam penanganan Covid-19, diambil bersama Forkopimda.

Semua anggaran BTT penanganan Covid-19 tahun 2020 lalu, belum dilakukan pemeriksaan surat pertanggungunjawaban (SPj) di sejumlah OPD termasuk Sat Pol PP. Pemeriksaan/ audit tidak dilakukan karena sudah dilibatkan dari awal setiap tahapan seperti review rencana kebutuhan belanja (RKB) yakni menguji, menyesuaikan sesuai peraturan berlaku.

Budianta lebih lanjut menerangkan, memang kalau ada indikasi dan berdasar, Inspektorat bisa menelusuri dugaan penyimpangan penggunaan BTT.

"Inspektorat kapan saja bisa melakukan pemeriksaan, jika ada pengaduan dari masyarakat dan pemberitaan media. Kami harus merespon," katanya.

Berita sebelumnya, anggaran pos pemeriksaan pintu masuk Dairi dalam penanganan penyebaran Covid-19, yang diplot di Sat Pol PP Rp 3,3 miliar. Dimana untuk uang lelah petugas menghabiskan anggaran Rp 2,3 miliar. Biaya makan minum petugas Rp 600 juta lebih, untuk belanja modal pembentukan pos pemeriksaan Rp 100 juta lebih, beli air Rp 22 juta lebih dan lainnya. (B03/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com