Kepsek di Nias Mengeluh Dipersulit Pengelolaan Dana BOS, Kadis Bantah


205 view
Kepsek di Nias Mengeluh Dipersulit Pengelolaan Dana BOS, Kadis Bantah
Foto Dok
Syukur Mendrofa
Nias (SIB)
Beredar isu keresahan para kepala SD dan SMP di Kabupaten Nias, karena Dinas Pendidikan disebut terlalu campur tangan pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Sejumlah kepala sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan, Rabu (9/6) mengatakan, pengelolaan dana BOS diatur dalam peraturan Kementerian Pendidikan Nasional, yang mana sekolah menentukan komponen pembiayaan sesuai kebutuhan.

Namun anehnya dikatakan, ada aturan dari Dinas Pendidikan Nias bahwa penggunaan dana Bos harus melalui petunjuk Dinas Pendidikan.

Sehingga para kepala sekolah (Kepsek) bingung dan merasa terbeban untuk merealisasikan dana Bos. "Sesuai dokumen yang dikirim dari Dinas Pendidikan, sudah ditentukan rincian belanja pegawai, belanja barang dan jasa, kami bingung," keluh B Laia seorang Kepsek diamini rekan rekannya.

Kepala sekolah berharap, Dinas Pendidikan memberikan keleluasaan kepada sekolah dalam menjalankan penggunaan dana BOS agar sesuai dengan kebutuhan sekolah.

Sementara Kadis Pendidikan, Syukur Arman Mendrofa membantah pihaknya terlalu mencampuri pengelolaan dana BOS.

"Sejauh ini saya nyatakan, bahwa Dinas Pendidikan tidak pernah mempersulit pencairan dana BOS. Sekolah sedang menyusun rencana kegiatan dan anggaran sekolah. Sampai sekarang masih pada tahap itu, jadi kapan kita persulit," kata Kadis. (A20/A19/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com