Ketua FKUB Drs Palit Muda Harahap MA:

Kerukunan Umat Beragama di Sumut Sangat Baik, Harus Dijaga


144 view
Kerukunan Umat Beragama di Sumut Sangat Baik, Harus Dijaga
Foto: SIB/ Yogie S
DIALOG: Para peserta “Dialog Kerukunan dengan Tokoh Perempuan Lintas Agama” foto bersama Ketua FKUB Sumut Palit Muda Harahap, Kaban Kesbangpol Sumut Ardan Noor, para narasumber dan panitia di Hotel Inna Medan, Rabu (10/8). 

Medan (SIB)

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sumatera Utara Ir Ardan Noor MM mengungkapkan, kerukunan merupakan suatu kondisi yang harmonis terpadu, gotong royong, saling menghormati, saling sapa, saling tenggang rasa dengan penuh kebersamaan dan kekeluargaan di antara yang berbeda.


Hal ini diungkapkannya pada sambutan pembuka "Dialog Kerukunan dengan Tokoh Perempuan Lintas Agama" yang diselenggarakanForum Kerukunan Umat Beragama(FKUB) Sumatera Utara di Hotel Inna Medan, Rabu (10/8).


Dikatakan, seseorang dapat berbuat rukun sering dilatar-belakangi adanya sikap beragama yang matang dan mendalam.


"Kondisi kerukunan juga dapat terjadi karena sikap kedewasaan yang tinggi, disebabkan tingginya ilmu yang dimiliki seseorang," ungkap Ardan Noor.


Untuk itu, katanya, agar kerukunan dapat terbina dengan baik diperlukan pendalaman pemahaman nilai-nilai agama bagi umat beragama. Sehingga konflik dapat dieliminasi seminimal mungkin. Pada saat lain diperlukan pengembangan ilmu yang tinggi agar kehidupan interaksi sosial masyarakat terkurang sikap-sikap pengembaraan nafsu negatif yang menimbulkan konflik.


Sementara itu Ketua FKUB Sumut Drs H Palit Muda Harahap MA mengatakan, kondisi kerukunan umat beragama di daerah ini sudah sangat baik, sehingga harus terus dijaga dan dipelihara. Tokoh dan Pengurus MUI Sumut ini mengibaratkan seperti jalanan. Terjadinya tabrakan lalulintas sering akibat jalan yang bagus dan mulus. Sangat jarang terjadi tabrakan di jalan bebatuan atau berlubang.


"Untuk itu kita harus tetap hati-hati agar kerukunan ini terjaga dengan baik. Buat rambu-rambu yang baik dan bagi semua pihak harus menaati dan disiplin dengan mengikuti rambu-rambu yang ada," kata Palit Harahap.


Hadir sebagai narasumber Prof Dr Fachruddin Azmi MA dari tokoh Agama Islam, Pendeta Erik Barus dari tokoh Kristen, Brilian Mochtar dari tokoh Buddha, Pastor Beno Ola Tage OFMCap dari tokoh Katolik, dari tokoh Konghucu Muslim Linggau dan M Manogren dari tokoh Hindu. Turut memberikan paparan Direktur Binmas Polda Sumut Kombes Pol Jafar Sodik dan Sekretaris Kesbangpol Sumut Alpin Hutahuruk. Sementara puluhan tokoh perempuan dari lintas agama tersebut menjadi peserta.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com